Realize Your Dream Swimmingpool
pompa sirkulasi

Pompa Sirkulasi Kolam Renang

Membuat sebuah kolam renang bukan hanya sekedar menggali lubang untuk membuat kubangan air saja. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari desain interior maupun eksteriornya. Selain itu ada poin yang paling penting terkait pompa sirkulasi.

Mengenal Komponen Pompa Sirkulasi

Sirkulasi merupakan hal terpenting yang tak boleh ketinggalan. Sebab jika Anda membuat kolam renang tanpa adanya pompa maka air yang ada akan tetap selalu terlihat kotor dan keruh. Maka dari itu, patutlah juga mengetahui apa saja komponen-komponen pada pompa sirkulasi yang diperlukan sebagai berikut:

1. Pompa Air

Komponen pertama terpenting tentunya ialah pompa air. pompa ini berfungsi sebagai motor penggerak aliran air dalam kolam renang sehingga mengalir sesuai dengan jalur sirkulasi. Selain itu jenis pompa yang digunakan pun berbeda dari biasanya.

Bila jenis atau tipe biasa hanya dapat mengalirkan air. Pompa khusus kolam renang ini terdabat bagian semacam tabung basket yang berfungsi sebagai pengalir, ini juga dapat digunakan untuk menyaring kotoran. Dengan begitu kinerja mesin tidak dapat terhambat.

2. Filter Kolam Berenang

Bagian keduanya komponen pompa sirkulasi yakni filter yang digunakan sebagai penyaringan. Cara kerjanya sendiri yakni memisahkan kotoran dengan air sehingga air kolam renang akan tetap mengalir secara bersih. Salah satunya yakni debu kotor disaring karena memiliki massa lebih besar daripada massa air.

Selain itu, untuk kotoran besar seperti daun dan ranting seharusnya telah tersaring pada komponen pertama (pompa air) sehingga sirklulasi air tetap alncar. Maka di sini hanya debu serta partikel yang lebih kecil tersaring, biasanya filter kolam berenang digunakan adalah sand filter.

3. Pemanas Kolam Renang

Komponen pompa sirkulasi selanjutnya adalah Heater atau pemanas kolam renang biasanya terletak setelah filter. Sesuai dengan namanya komponen ini digunakan sebagai pengatur suhu panas pada air sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, air yang telah disaring bersih nantinya akan masuk ke bagian ini untuk dipanaskan kemudian dikeluarkan sehingga sirkulasi tetap lancar.

Namun penggunaan pemanas ini menyesuaikan, artinya bila daerah Anda telah beriklim panas penggunaannya maka tidak lagi diperlukan. Oleh karena itu, heater biasanya digunakan pada wilayah dengan musim dingin saja.

4. Saluran Air Sirkulasi

Selain adanya pompa sirkulasi, komponen lain yang dibutuhkan adalah saluran air. Uniknya, bagian ini terbagi menjadi tiga macam yaitu:

  • Maindrain berfungsi sebagai pompa pembuangan air yang dilakukan pada saat hendak mengganti serta memperlancar sirkulasi kolam renang. Untuk letaknya sendiri terdapat pada bagian lantai bawah kolam sehingga fungsi lainnya yakni digunakan menjadi titik hisap.
  • Inlet adalah saluran yang digunakan untuk menjadi saluran keluar masuk air setelah melalui filter dan biasanya diletakkan dipinggiran kolam renang. Komponen inipun harus menyesuaikan dengan mesin serta harus diperhitungkan akurat.
  • Terakhir ialah pipa gunanya untuk mengalirkan air. Komponen ini sangat penting dalam sirkulasi kolam renang tanpanya maka tidak akan dapat berjalan. Bentuk dan ukurannya pun tidak bisa asal pilih, namun harus menyesuaikan dengan maindrain dan inletnya. Untuk sambungannya sendiri berbentuk L atau T.

5. Skimmer Box

Komponen berikutnya yakni skimmer box berfungsi sebagai penyeimbang air pada kolam renang dengan sistem jenis skimmer. Selain itu terdapat dua peran penting untuk bagian ini yakni:

Berfungsi sebagai lubang penghisap saluran air untuk menarik kotoran di permukaan kolam renang maupun debu sehingga sirkulasi tetap berjalan dan menjadi selalu jernih. Juga berguna menjadi alat hubungan serta vacum pada saat kolam renang sedang melakukan perawatan dan pembersihan rutinnya.

6. Balancing Tank dan Gutter

Kedua komponen tersebut wajib ada pada kolam renang menggunakan sistem overflow dan semi overflow sebagai penunjang penyeimbang air pada pompa sirkulasi. Balancing tank sendiri berfungsi sebagai tempat penampungan apabila terjadi hujan atau terdapat air yang melimpah.

Sedangkan gutter sendiri terletak pada akhir sebagai penampungan sementara yang nantinya berfungsi juga untuk mengalirkan air ke dalam balancing tank. Setelah tertampung, kemudian akan disaring dan seterusnya hingga jenis dan terakhir di kolam renang.

Tanpa adanya pompa sirkulasi maka kolam renang akan cepat keruh dan kotor. Bila Anda membutuhkan sebuah saran atau masukkan dalam pemilihan pompa sirkulasi yang baik maka jangan khawatir lagi sebab telah ada mandorkolam.com.

Mandor Kolam sendiri telah dipercaya oleh banyak orang tidak hanya untuk berbagi ilmu mengenai pompa sirkulasi. Namun juga menyediakan sebuah layanan jasa pembuatan dan desain kolam renang baik pengawasan secara langsung maupun bisa online melalui website mandorkolam.com.

error: Content is protected !!