Realize Your Dream Swimmingpool
Vacuum kolam renang

Vacuum Kolam Renang, Mari Cek Apakah Anda Sudah Benar Menggunakannya?

Vacuum kolam renang merupakan salah salu alat dalam membersihkan dan merawat kolam renang. Fungsinya untuk mengangkat kotoran mengendap di dasar air kemudian akan masuk ke filter untuk disaring. Namun pastikan Anda menggunakannya dengan benar agar kerjanya maksimal.

Bagian Vacuum Kolam Renang

Sebenarnya, terdapat dua jenis yaitu vacuum buang dan biasa. Baik keduanya, penggunaannya tetap harus memperhatikan prosedur masing-masing secara benar. Sebab fungsinya juga berbeda-beda menurut kotoran yang disaring di kolam renang.

Sebelum mengetahui tahapan yang benar dalam membersihkan kotoran mengendap di dasar kolam renang menggunakan vacuum, alangkah baiknya apabila Anda memahami dulu beberapa komponen menyusunnya. Simak ulasannya:

1. Vacuum Head

Komponen ini menjadi bagian paling utama sebagai penyusun vacuum kolam renang. Fungsinya untuk menyedot kotoran di dasar mulai dari debu, pasir, ranting kecil dan lainnya. Namun jangan sekali-kali menggunakannya menjaring daun besar, gunakanlah jaring sebagai penyaringnya.

Vacuum head dipasang di bagian paling ujung nantinya akan masuk ke dalam air sebagai penyedot kotoran. Jenisnya berbeda-beda, seperti head brush, 4 dan 8 wheels dan lain-lain. Pemilihannya berdasarkan kebutuhan. Harganya berkisar antara 350 ribu sampai mencapai 1,7 juta.

2. Vacuum Hose

Komponen vacuum hose juga menjadi bagian penting sebagai penyusun vacuum kolam renang. Berbentuk selang spiral berfungsi untuk menghubungkan vacuum head dengan vacuum fitting kemudian dialirkan ke pipa isap sebagai sumber penyedotnya.

Panjang vacuum hose bermacam-macam, mulai dari yang pendek sekitar 9 meter hingga paling panjang 15 meter. Harga tersedia juga berdasarkan merk dan panjangnya, berkisar antara 600 ribu sampai termahal yaitu 2,7 juta.

3. Telescopic Handle

Komponen ini membantu saat melakukan perawatan kolam renang apabila sulit menjangkau semua areanya. Berbentuk tongkat panjang sehingga mampu menjadi penghubung antara tangan dengan sikat, vacuum head, skimmer dan alat kebersihan lainnya.

Ukuran yang disediakan memiliki tiga varian, 1,5 meter, 4,8 meter dan 7,2 meter, kemudian bisa diatur panjang pendeknya sesuai kebutuhan. Harganya berdasarkan merk, mulai dari paling murah sekitar 500 ribu hingga 900 ribu.

Cara Menggunakan Vacuum Kolam Renang

Setelah mengetahui beberapa komponen penyusunnya, sekarang saatnya Anda memahami bagaimana cara kerjanya. Sebab agar kotoran yang diangkat dapat maksimal, harus dilakukan sesuai prosedur yang tepat dan hati-hati.

Terlebih bagi pemilik kolam renang yang ingin membersihkannya sendiri, perlu diperhatikan secara teliti. Untuk membantu Anda memahami bagaimana menggunakan vacuum kolam renang dengan baik, simak ulasannya:

1. Mulailah Membersihkan Permukaan Air Dahulu

Langkah pertama yaitu pastikan alat-alat mulai dari vacuum head, telescopic handle, vacuum hose, skimmer dan sikat. Lalu atur dulu penyusunannya, setelah selesai kemudian turn off mesin kolam renang lalu ganti handle ke mode filter.

Setelah penyusunan diyakin sudah tepat, nyalakan mesin kolam renang dan vacuum nya. Sebelum membersihkan dasar air, bersihkan dahulu permukaan dengan skimmer untuk mengangkat kotoran seperti daun yang ukurannya lebih besar.

Untuk memudahkan proses pengambilan kotoran di permukaan air, pasang jaring dengan ujung telescopic handle. Mulailah menjaring daun, ranting dan kotoran lainnya untuk memastikannya sudah bersih.

2. Menyedot Kotoran dengan Vacuum

Pertama hubungkan ujung vacuum hose dengan pipa vacuum untuk kolam jenis over flow dan semi flow. Untuk jenis yang skimmer vacuum hose, pasangkan dengan pipa skimmer lalu ujung satuya dengan vacuum head yang sudah terhubung telescopic handle.

Mulailah melakukan pembersihan pada dasar kolam renang, Pastikan tidak menyedot kotoran dengan ukuran besar seperti daun dan ranting sebab bisa merusak fungsi kerja jari vacuum. Apabila sudah yakin bahwa dasar permukaan kolam renang sudah bersih, maka lepas kembali pemipaannya.

Perbedaan vacuum biasa dengan buang hanya terletak pada proses pembuangan kotorannya. Pada vacuum buang, tempatkan handle filter pada mode waste sehingga air kotor yang tersedot akan langsung terbuang tanpa adanya proses filter.

Cara Konsultasi Terkait Vacuum Kolam Renang

Cukup mudah bukan menggunakan vacuum kolam renang? Memiliki kolam renang pribadi memanglah mengharuskan Anda melakukan perawatan terhadapnya. Namun hal tersebut tidaklah serumit yang dipikirkan. Konsultasikan keinginan tersebut langsung ke mandorkolam.com.

Penyedia jasa supervisi, desain kolam renang, grade up tersebut, memastikan Anda akan bisa mewujudkan kolam renang impian di hunian tercinta. Jadi jangan ragu untuk memilikinya secara pribadi dan miliki waktu berkualitas bersama anggota keluarga.

error: Content is protected !!