Realize Your Dream Swimmingpool
Lintasan Renang

Lintasan Renang: Kenali Berbagai Macam Standar Ukurannya

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sering menjadi cabang lomba di berbagai kejuaraan. Oleh karena itu, peraturan terkait teknik perlombaannya juga sudah diatur oleh federasi baik nasional dan internasional, begitu juga dengan aturan mengenai lintasan renang.

Standar Kolam Renang Nasional dan Internasional

Peraturan yang berbeda dikeluarkan oleh pihak standar nasional juga internasional. Mengingat bahwa postur orang Indonesia tidak sama dengan orang dari luar maka kedalaman dari kolam renang pun juga bervariasi.

Ukuran kolam renang dalam skala nasional memiliki panjang 50m, lebar 25m dengan kedalaman minimum 2 m. Lintasan yang digunakan mempunyai lebar 2,5 m serta berjumlah 8 buah. Suhu air di dalamnya juga harus diatur yaitu sekitar 25 – 28C.

Sedangkan dalam skala internasional yang membedakan hanyalah kedalaman minimumnya tidak diatur secara spesifik, namun secara umum biasanya dengan kedalaman minimal 1,35 m.

Untuk ukuran dari panjang, lebar, jumlah dan lebar lintasan renang serta suhu ditentukan sama dengan skala nasional.

Jumlah Lintasan Kolam Renang Menurut Tingkat Kompetisi

Kolam renang terbagi menjadi tiga tipe, yaitu A, B dan C. Simbol A untuk kejuaraan dunia, Asia dan Asia Tenggara, B menandakan event dalam skala nasional, provinsi serta antar klub. Yang terakhir, C menunjukkan perlombaan antar kota atau kabupaten.

Setelah mengetahui tipe mulai dari A, B dan C, kolam utama digunakan sebagai perlombaan renang utama digunakan oleh peserta. Tipe A memasang 10 lintasan; B dan C sama-sama menggunakan sejumlah 8 lintasan renang di dalamnya.

Untuk kolam pemanasan bagi peserta, pemasangannya juga berbeda-beda. Tipe A memasang lintasan selebar 50 m dengan banyak 8 buah, tipe B memiliki lintasan ukuran 25 m sebanyak 8 sedangkan tipe C pemasangannya disesuaikan kebutuhan.

Jumlah Lintasan Kolam Renang Menurut Ukuran

Kolam renang setiap kejuaraan menggunakan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan kapasitas pesertanya. Panjang, lebar dan kedalaman akan menentukan lintasan digunakan. Hal ini menyebabkan perbedaan jumlah dipasang.

Berdasarkan tipe, ukuran kolam renang memiliki panjang, lebar dan kedalaman bervariasi. Tipe A berukuran 50m x 26m x 3m akan dipasang lintasan sebanyak 10 buah. Tipe B dengan 50m x 21m x 1,35 – 2 m mempunyai 8 lintasan.

Sedangkan tipe C untuk skala kejuaraan yang lebih kecil dengan 50m x 21m x minimal 1,35 m akan dipasang sejumlah 8 buah. Jadi berbagai ukuran kolam dan tingkat kompetisinya juga menentukan jumlah lintasan yang dipasang.

Marka dan Tali Lintasan Renang

Marka berfungsi sebagai pembatas setiap jalur renang pada masing-masing peserta perlu diperhatikan pemasangannya. Hal ini bertujuan agar perenang tidak menabrak satu sama lain dan tetap berenang pada lintasan yang ditentukan.

Pemasangannya menggunakan warna yang gelap agar kontras dengan air. Marka harus bermaterial permanen dan kuat dengan lebar 20 – 30 cm. Panjang yang digunakan pun berbeda-beda tergantung dengan ukuran kolam, untuk 50m menggunakan marka 46m sedangkan 25m memakai 21m.

Untuk tali, pemasangannya harus menyesuaikan dengan standar yang telah ditentukan mulai dari bahan, ketebalan dan warna. Pada ujungnya dipasang angkur agar bisa dikaitkan pada dinding kolam dan masuk ke air, sehingga harus bermaterial tahan karat.

Papan Landasan pada Setiap Lintasan Renang

Papan ini berfungsi saat perenang atau peserta akan melakukan start untuk posisi mau menceburkan diri ke air. Ukuran yang digunakan juga harus menyesuaikan standar, yaitu dengan luas 50 cm x 50 cm, ketinggian dari permukaan air sekitar 50 – 70 cm serta bersudut maksimum 10⁰

Apabila perlombaan ditujukan bagi tipe A dan B, maka standarnya disesuaikan dari aturan FINA (Federation International de Natation Amateur), sebuah federasi yang mengatur olahraga renang dalam skala internasional.

Hal ini diatur agar tidak ada pihak dirugikan dan berlaku adil untuk semua peserta.

Untuk perlombaan renang dengan gaya punggung, setiap papan landasan harus dilengkapi dengan batang atau tongkat pegangan yang mengarah ke dasar kolam saat melakukan start berukuran sekitar 30 cm – 60 cm dari permukaan air.

Penggunaan lintasan renang memang ditujukan bagi kolam yang berfungsi sebagai perlombaan bukan untuk rekreasi.

Apabila Anda ingin mendirikan sebuah tempat untuk kejuaraan renang, maka gunakanlah jasa dari mandorkolam.com

Hadir sebagai penyedia jasa supervisi pembuatan kolam renang dan desain kolam renang akan membantu mewujudkan kolam renang impian Anda.

Baik itu kolam renang untuk kepentingan pribadi maupun komersial seperti tempat wisata bahkan perlombaan. Jadi jangan ragu untuk menghubungi MandorKolam.

error: Content is protected !!