Realize Your Dream Swimmingpool
main drain

Main Drain Sebagai Komponen Utama Kolam Renang

Kolam renang merupakan salah satu tempat dengan jumlah air yang cukup banyak. Hal tersebut perlu dijaga kebersihannya dan kejernihannya agar tetap segar ketika digunakan untuk berenang. Maka main drain merupakan komponen utama untuk bisa menjalankan tugas tersebut.

Apa itu Main Drain?

Seperti telah dijelaskan sebelumnya main drain merupakan salah satu komponen utama untuk penjernihan air. Hal tersebut terlihat dari bentuknya yang menyerupai penyaring.

Namun sebenarnya lokasi penempatannya berada di saluran utama penghisapan kolam renang. Tentu saja lokasinya berada dasar lantai kolam renang dan terhubung dengan pompa.

Maka bisa langsung diketahui bahwa main drain merupakan saluran utama dalam proses sirkulasi air. Tugasnya sebagai gerbang pertama untuk melakukan filtrasi pada kotoran.

Setelah air masuk dan berada dalam main drain lalu akan dialirkan ke filter. Pentingnya saluran ini digunakan juga untuk membuang air kolam dan mengurasnya.

Kemudian masih ditambah dengan fungsi lain yaitu sebagai titik penghisapan pompa tambahan untuk hiasan seperti air mancur.

Bentuk Main Drain

Bentuk alat ini mirip seperti cerek dengan bagian kepala lebih lebar dan cembung. Meskipun ada beberapa jenis yang sisi atasnya lebih kecil serta rata.

Selain itu umumnya hampir semua komponen ini memiliki warna dominan putih. Berikut ini ulasannya:

1. Bagian Kepala Atau Cover

Bagian pertama dari komponen ini adalah sisi sebelah atas dan bisa dikatakan sebagai kepala, umumnya disebut sebagai Cover Main Drain.

Bentuknya kebanyakan cembung dengan penutup berlubang sebagai jalan masuk air. Selain itu juga menjadi penyaring agar kotoran berupa sampah tidak ikut tersedot saat kolam sedang dikuras ataupun saat sirkulasi.

Variasi pada bagian atas terletak pada bentuknya beraneka ragam. Di antaranya ada yang kotak maupun bulat, baik rata maupun bervolume dan bertekstur permukaanya.

Namun sisi bagian bawah kepalanya sendiri biasanya mempunyai desain sama.

2. Bagian Badan Atau Box

Selanjutnya pada bagian bawah kepala mempunyai bagian badan dengan ukuran yang beragam.

Hal tersebut disesuaikan lebar tidaknya kolam renang. Desainnya juga hanya berbentuk tabung meskipun tidak semua demikian ada juga kubus sampai balok.

Permukaan badan dari main drain sendiri lebih kecil dari kepala. Jika belum terpasang terdapat sebuah lubang. Ini digunakan sebagai penyambung komponen dengan pipa.

Berbagai Komponen Penunjang Dari Main Drain

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa alat ini merupakan sebuah sistem saluran air kolam renang yang paling utama. Maka tentu tidak bekerja sendiri melainkan ada komponen penunjang lainnya.

Dengan begitu juga untuk diketahui supaya menjadi lebih paham, penasaran? Simak ulasan di bawah ini:

1. Hydrostatic Valve

Salah satu komponen penunjang dari Maindrain yaitu adanya Hydrostatic Valve yang berfungsi sebagai alat pengaman apabila tekanan air dibawah kolam renang lebih besar dari tekanan air kolam itu sendiri.

Gunanya adalah agar bangunan kolam renang tidak terangkat oleh tekanan air tanah diluarnya.

Alat ini berfungsi mengeluarkan air tanah yang terjebak dibawah kolam, air tanah akan masuk kedalam kolam, dan akan menutup kembali apabila tekanan air dari luar sudah berkurang.

Tentu melewati saringan yang berada dibawahnya. Maka alat ini sangat berguna untuk mengamankan kolam renang dari kerusakan yang fatal.

2. Pipa

Selanjutnya ada pipa yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari main drain.

Alasannya tentu karena menjadi penghubung supaya air bisa disalurkan ke berbagai komponen kolam renang secara keseluruhan.

Maka perlu memiliki pipa kualitas baik supaya tidak terjadi kendala dalam sirkulasinya. Tanpa adanya pipa maka sirkulasi tidak akan bisa berjalan dan air tidak akan berubah kondisinya.

Jenis penyambungannya sendiri ada beberapa macam, secara umum ada jenis penghubung dengan bentuk tabung panjang, ada juga sambungan yang memiliki desain menyerupai huruf T dan L.

Pemasangan Main Drain

Seperti diketahui dari penjelasan diatas bahwa pemasangan alat ini berada di lantai dasar kolam renang.

Biasanya ketika melihat dasar dan ada bagian terpisah dari lantai menyerupai kepala shower besar maka itu yang disebut dengan main drain. Tinggal diaplikasikan pada pipa di bawahnya.

Bagi orang yang memiliki latar belakang pendidikan teknik sipil. Tentu pemasangan dan sebagainya bukan merupakan sebuah masalah besar karena mempunyai disiplin ilmu.

Namun untuk orang awam pastinya berbeda dan cenderung memilih memakai jasa perusahaan lainnya. Jika demikian maka sebaiknya memperhatikan apakah jasa tersebut terpercaya.

Apabila memang berminat bisa langsung mengunjungi mandorkolam.com. Di dalamnya tersedia berbagai informasi jasa terkait pembuatan kolam renang, sekaligus kontak mereka untuk dihubungi.

Intinya, Main Drain merupakan salah satu komponen penting dalam saluran air kolam renang yang menyokong sirkulasi menjadi bagus dan nyaman digunakan berenang maka perlu dijaga.

error: Content is protected !!