Realize Your Dream Swimmingpool
Filter kolam renang

Filter Kolam Renang dan Fungsinya

Dalam penggunaannya, filter di tempat berenang banyak dipakai oleh para pengguna untuk menjaga sistem sirkulasi pada air. Bukan hanya itu saja, filter kolam renang juga memiliki kegunaan lain untuk dipakai sebagai alat menyaring berbagai jenis kotoran di bagian dalam, tepi, atas dan sebagainya.

3 Jenis Filter Kolam Renang Pilihan para Pengguna

Terdapat berbagai macam tipe yang telah disediakan di pasaran. Alat tersebut selalu diburu oleh orang-orang pembuat kolam renang, karena dapat membuat sirkulasi air di dalamnya menjadi lebih bersih dan nyaman.

Secara garis besar, jenis-jenisnya adalah:

1. Sand Filter (paling banyak dipakai untuk kolam renang)

Sand Filter ini merupakan jenis filter yang paling laris dipasaran dan paling mudah perawatannya, metode penyaringannya dengan menggunakan Pasir Silika.

Cara kerjanya sendiri sebetulnya cukup sederhana. Yakni dengan menyaring air didalamnya dari segala macam debu atau kotoran air berukuran kecil sampai sedang mulai dari 10 hingga 45 microm.

Dalam prosesnya, air yang masuk ke tanki Sand Filter ini berada di bagian atas pasir dan menyaring kotoran air dengan membawanya ke bagian bawah pasir yang mana terdapat pipa yang berlubang-lubang.

Ketika sudah terjadi penumpukan kotoran pada pasir, Anda dapat membersihkan pasirnya dengan cara memutar balik arah masuk air dari bawah keatas posisi pasir. Hal tersebut dinamakan Backwash.

2. Catridge Filter

Salah satu filter kolam renang ini terbuat dari material kertas atau kain khusus. Bentuk tanki filternya sendiri hampir mirip dengan tabung, yang di dalamnya terdapat saringan seperti filter udara pada mobil, berwarna putih dengan bentuk lurus memanjang.

Lalu fungsi dari catridge yakni menyaring kotoran berukuran kecil sekitar 10 – 25 microm. Dalam pemakaian, filter catridge ini telah banyak melakukan tugasnya untuk menyaring kotoran dengan sangat baik.

Namun kekurangannya tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama karena dapat membuat media penyaringnya menjadi sangat cepat kotor.

Hal itu dibabkan karena media filternya yang sangat rapat atau berpori-pori halus. Ketika hal ini sudah terjadi, maka yang harus Anda lakukan adalah cepat-cepat untuk membersihkannya.

Dalam pelaksanaannya filter jenis ini cukup merepotkan dalam perawatannya, karena akan sering dibersihkan. Namun lebih sempurna dalam penyaringan kotoran dalam air kolam renang.

3. Diatomaceous Filter

Kemudian jenis filter kolam renang yang terakhir ini cara kerjanya hampir mirip dengan tipe Catridge. Namun perbedaannya terletak pada pemakaian bubuk diatomaceous earth sebagai lapisan dasarnya.

Sebetulnya, powder tersebut terbuat dari organisme diatom berdiameter kecil dan hidupnya berada di air. Lalu fungsi dari bubuk diatomaceous earth adalah sebagai filter menyaring kotoran yang lebih halus yang akan masuk ke dalam kolam renang.

Biasanya mampu menangkap partikel debu dengan ukuran terkecil sekalipun, mulai dari dua sampai lima microm.

Dalam memilih jenis filter yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan pada kebutuhan saja.

Beberapa Komponen Pada Filter Kolam Renang

Setelah mengetahui beragam jenisnya, maka terdapat informasi penting mengenai beberapa kegunaan dari bagian komponen yang terdapat pada filter tersebut.

Setiap komponennya memiliki tugas masing-masing, seperti halnya media penyaring yang memiliki tugas menyaring air kotor di dalamnya.

Sedangkan peranan atau fungsi dari komponen lainnya yakni sebagai berikut:

1. Multi Port

Multiport Valve terletak pada bagian kepala filter berbentuk bulat dan ada tuas seperti handle. Terdapat beberapa pilihan mode pada tuas atau handle tersebut, salah satunya bisa digunakan untuk menguras atau membuang air di dalam kolam renang.

Cara kerjanya sendiri tetap dengan memakai pompa kolam, lalu menggunakan mode waste agar proses pengeluarannya menjadi lebih cepat dan efektif dari biasanya.

2. Pressure Gauge

Salah satu komponen dari bagian filter kolam renang ini biasa disebut dengan nama pressure gauge. Fungsi dari alat tersebut adalah sebagai penentu atau indikasi tekanan air yang berada didalam tabung filter tersebut.

Lalu untuk batasannya sendiri tidak lebih dari 30 atau 33 psi, sebagai pertanda bahwa media penyaring didalamnya sudah harus dibersihkan atau di cuci, yang biasa disebut dengan backwash.

3. Tabung Kaca

Salah satu bagian pada filter kolam renang ini berfungsi sebagai backwash control pada saat proses pencucian media filter berlangsung, pada tabung kaca akan terlihat seberapa kotor media penyaring tersebut. biasanya tergantung pada seberapa banyak kotoran yang menempel.

Lamanya proses untuk pembersihan kotoran pada media filter pada saat backwash biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit.

Untuk mengetahui informasi lengkap dari filter kolam renang ini, pengguna dapat mengunjungi langsung ke mandorkolam.com. Karena di sana disediakan lengkap mengenai berbagai jenis komponen peralatan kolam renang lainnya beserta dengan kegunaan atau fungsinya.

Terdapat 3 jenis filter kolam renang pilihan para pengguna. Di antaranya adalah filter Catridge, Sand dan Diatomaceous. Ketiganya tentu memiliki berbagai fungsi seperti dapat menyaring kotoran atau debu di dalam swimming pools.

error: Content is protected !!