Realize Your Dream Swimmingpool
Cat Kolam Renang

Cat Kolam Renang dan Cara Pemilihannya

Rumah idaman setiap orang pastinya berbeda-beda, dengan luas, jumlah kamar, fasilitas dan furniture tertentu. Namun kendala dalam pembuatan mungkin tidak dipahami lebih dalam secara pembangunan, seperti cat kolam renang terbaik ataupun cara mengaplikasikannya.

Persiapan Cat Untuk Kolam Renang Yang Harus Diketahui

Memiliki kolam renang di dalam rumah merupakan suatu imajinasi cantik oleh sebagian orang. Akan tetapi baik dari proses pembuatan, bahan-bahan, kebutuhan dan segala persiapannya tidak banyak diketahui. Memang benar, mudah dikatakan namun sulit pelaksanaannya.

Hal paling utama ialah menjaga kualitas tempat berenang idaman beserta air nya. Tentunya syarat tersebut dipengaruhi oleh banyak aspek seperti cat kolam renang, bahan dasar, jenis air dan lain-lain. Berikut beberapa tips dan trik untuk proses cat kolam renang terbaik untuk Anda:

1. Hitung Ukuran Kolam

Tahapan awal sebelum memulai proses cat kolam renang, pastikan terlebih dahulu ukuran panjang, lebar dan tinggi dari kolam untuk mengetahui luas permukaan. Ini diperlukan demi memastikan seberapa banyak cat pelapis dan dasar yang dibutuhkan begitu juga lama pelaksanaannya.

Tentunya semakin luas kolam, lama proses pun bergantung kepadanya. Ini juga berdampak kepada tahap-tahap selanjutnya seperti pembersihan, pengeringan dan proses cat kolam renang. Tidak heran jika terkadang waktu yang dibutuhkan bisa mencapai satu sampai dua minggu.

2. Kebersihan

Untuk jenis kolam baru pastinya mudah memulai pengerjaan karena kolam tentu masih benar-benar baru dan bersih. Namun anda tetap harus memastikan bahwa kondisi sebelum memulai cat sudah terbukti kering dan bersih dari kotoran apapun. Pastinya untuk menghindari segala kemungkinan terburuk.

Apabila Anda mengerjakan perbaikan ulang, banyak hal yang harus diperhatikan seperti lubang-lubang, retakan atau jenis cat terdahulu. Jelas saja ini berdampak kepada cara fixing dari kolam itu sendiri. Maka sebaiknya tutuplah celah tersebut menggunakan semen untuk memudahkan proses selanjutnya.

3. Pemilihan Cat Kolam Renang

Jangan sampai salah memilih karena hasil akhir nanti sangat dipengaruhi oleh hal ini. Seperti sudah disebutkan pada tahap-tahap di atas, apabila pengerjaan dilakukan untuk perbaikan kolam bekas maka ketahui cat yang digunakan sebelumnya dan pastikan jenisnya sama.

Terdapat berbagai macam jenis cat kolam renang dengan kelebihan serta kekurangannya. Anda bisa memilih rubber, tetapi harganya tergolong tidaklah murah dan sangat tidak mendukung environmentally friendly. Sedangkan jenis akrilik atau epoxy memiliki hasil maksimal serta ketahanan yang lama.

4. Cat Dasar Kolam Renang

Tahapan ini tidak harus selalu dilakukan tergantung dari jenis cat apa yang digunakan pada kolam. Sesuai namanya, sebagai dasar ia merupakan jalan pembuka sekaligus pertahanan pertama untuk beberapa proses selanjutnya.

Namun tidak semua cat memerlukan dasarnya sendiri. Seperti misalnya saja apabila Anda menggunakan rubber atau akrilik maka tahap ini dapat diabaikan. Sebaliknya jika mengaplikasikan jenis epoxy, hukumnya wajib menjalankan proses tersebut demi ketahanan lebih lama.

5. Cat Pelapis 

Perlindungan terakhir yang dapat dipersiapkan yaitu cat pelapis, tetapi hal ini bukan menjadi sebuah keharusan. Ada baiknya jika anda berdiskusi atau berkonsultasi kepada para ahli di bidangnya untuk menentukan jenis apa paling disarankan dan alasannya.

Tentunya proses pelapisan ini membutuhkan dana lebih demi kelayakan kolam. Hanya saja, jika Anda memiliki modal cukup, maka tidak ada salahnya untuk mengaplikasikannya. Harap dipikirkan secara matang agar pengerjaan dan hasil akhir sesuai dengan keinginan.

6. Proses Cat Kolam Renang

Setelah semuanya telah selesai disiapkan, maka Anda dapat memulai proses cat. Lakukan perlahan dan teliti untuk hasil memuaskan. Mulai dari kolam yang terdalam, kemudian bagian dangkal di akhir.

Sesuaikan dengan apa yang tertera di brosur cat yang digunakan untuk menentukan berapa kali lapisan dibutuhkan.

Perhatikan setiap sisi dan ujung dari kolam agar tidak ada satu bagianpun yang terlewatkan.

Cara pengecatan kolam renang yang terbaik adalah dengan cara di semprot dengan memakai kompresor dan spray khusus. Anda juga dapat menggunakan kuas dan rol untuk menyempurnakannya.

Setelah selesai, tunggu hingga cat kolam renang benar-benar kering. Biasanya dalam satu minggu proses pengeringan akan benar-benar sempurna.

Temukan Informasi Tebaik dari Mandorkolam.com

Proses untuk setiap tahapan tentunya harus dilakukan secara baik dan teliti. Untuk menambah pengetahuan Anda, terdapat website menarik yaitu Mandor Kolam yang membahas segala cara-cara menarik baik untuk pembuatan maupun perawatan kolam renang.

Memiliki alamat website lengkap  mandorkolam.com , situs ini sudah menjalankan bisnisnya bertahun-tahun. Anda dapat menemukan beberapa tips terbaik seperti sistem pemipaan, perawatan, menghitung kapasitas pompa  dan takaran kaporit terbaik untuk kolam.

Itulah beberapa tips dan trik dalam proses cat kolam renang. Semoga dapat membantu Anda dalam proses dan perencanaan swimming pool terbaik di rumah.

error: Content is protected !!