Realize Your Dream Swimmingpool
Waimarang Waterfall

Waimarang Waterfall: Ulasan Lengkap Terkait Keindahannya

Kolam renang pada umumnya terbentuk secara alami melalui berbagai proses alam maupun buatan manusia. Tidak jarang pula disediakan fasilitas tambahan berupa air terjun dari kedua varian tempat berenang tersebut. Salah satu contohnya adalah Waimarang Waterfall yang terletak di Sumba Timur.   

Letak Waimarang Waterfall 

Sumba Timur diketahui memiliki berbagai tujuan wisata yang indah dan unggul, Waimarang Waterfall merupakan salah satu contohnya. Posisi lebih tepatnya berada di Desa Waimarang, Sumba Timur. Air terjun ini menjadi destinasi yang mampu menarik perhatian maupun minat bagi para pelancong.

Keindahan air terjun ini semakin lengkap dengan hadirnya kolam renang yang terbentuk secara alamiah. Pengunjung menghabiskan waktu selama 2 jam apabila berangkat dari Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Ketika sampai di lokasi, pengunjung tidak langsung menemukan air terjun Waimarang.

Terdapat jarak sepanjang 1 km dengan berjalan kaki dari area parkiran kendaraan. Selain itu, semakin seru perjalanan ketika pengunjung harus melintasi sungai dan medan jalan yang naik turun. Meskipun melelahkan, semua akan terbayarkan ketika melihat langsung keindahan Waimarang Waterfall.

Air Terjun Tiga Tingkat dan Tiga Kolam

Perlu diketahui bahwa Waimarang Waterfall pada satu sudut pandang hanya memperlihatkan air terjun dengan ukuran kecil. Namun apabila ingin menjelajah lebih jauh lagi sebenarnya masih ada dua lagi dari balik tebingnya. Pengunjung perlu memberanikan diri untuk memanjat untuk menggapainya.

1. Waimarang Waterfall Tingkat Pertama

Kolam renang yang terbentuk secara alami ini dihiasi dengan air terjun pada tingkat pertama setinggi dua meter. Mengalirnya waterfall ini karena bersumber dari tempat berenang sebagaimana tepat berada di atasnya. Melalui celah tebing air tersebut mengalir debit air cukup deras dan menyejukkan.

Waimarang Waterfall juga terdiri dari tiga kolam yang terbentuk secara alami. Pada tingkat pertama kedalamannya hanya berkisar 1 sampai 2 meter saja. Namun bagi mereka yang belum mahir berenang perlu pengawasan dari teman atau pihak penjaga agar dapat membantunya terhindar dari tenggelam.

2. Waimarang Waterfall Tingkat Kedua

Setelah mencoba air terjun tingkat pertama, pengunjung yang penasaran dapat mencoba menikmati kolam kedua. Namun dalam menapakinya perlu kewaspadaan sebab jalur yang dilewati adalah air terjun pertama dengan debit air cukup deras disertai licinnya celah tebing untuk dipanjat.

Ketika pengunjung berhasil melewati air terjun tingkat pertama, di sini mereka akan mendapati kolam renang alami kedua. Kedalamannya mencapai empat meter dialiri oleh waterfall yang tidak terlalu tinggi namun tetap mengalir cukup deras. Air kolam tersebut berasal dari sungai kecil satu tingkat di atasnya.

3. Waimarang Waterfall Tingkat Ketiga

Pengunjung apabila ingin lebih memacu adrenalin dapat pula menapaki Waimarang Waterfall menuju tingkat ketiga. Namun tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan karena tebing yang dilewati juga cukup terjal dan licin. Selain itu perlu pengawasan diperlukan apabila seseorang belum mahir berenang.

Pada tingkat ketiga ini kolam renang alami memiliki kedalaman berkisar antara 5 sampai 6 meter sehingga lebih menantang dari tingkat sebelumnya. Tidak banyak pengunjung mencobanya dikarenakan akses yang lebih menguras tenaga ditambah tingkat kedalaman yang terbilang ekstrem.

4. Pengunjung Tidak Harus Berenang

Sering juga ditemui pengunjung tidak bisa berenang sehingga meyulitkan dan membahayakan baginya untuk mengarungi kolam renang dan air terjun alami tersebut. Namun bukan berarti perjalanan menjadi sia-sia sebab banyak spot menarik bagi pengunjung untuk mengabadikan momen.

Pengunjung dapat berfoto sambil memandangi keindahan Waimarang Waterfall tanpa harus menceburkan diri ke kolam. Misalnya berdiri di atas permukaan batu yang dangkal pada bagian mulut kolam sudah cukup untuk memperoleh sudut pengambilan gambar lebih.

5. Kejernihan Air Kolam dengan Warna Tosca

Pengunjung akan semakin tertarik dengan warna air kolam yang unik dan menggoda sebab buka biru muda atau biru tua melainkan warna tosca. Kondisi tersebut juga dapat  Anda aplikasikan pada kolam renang milik pribadi ketika menggunakan kinerja dari Mandorkolam.

Dalam upaya menjernihkan air kolam renang, Mandorkolam dapat dijadikan solusi apabila ditemui lumut, kotoran dan perubahan warna lebih keruh pada tempat berenang. Pihak berpengalaman dan ahli di bidangnya dapat dilibatkan untuk melakukan perawatan terkait masalah tersebut.

Kurang lebih penjabaran di atas merupakan bagian dari Waimarang Waterfall, sebagaimana keindahannya semakin lengkap dengan tiga tingkatan kolam renang alami. Kedalaman yang bervariasi dan memacu adrenalin membuat pengunjung ingin menceburkan diri untuk berenang di dalamnya.

error: Content is protected !!