Realize Your Dream Swimmingpool
sand filter kolam

Sand Filter Kolam Adalah? Berikut Ulasannya!

Bagi sebagian orang yang sudah familiar dengan sistem pengolahan dan perawatan air pasti mengenal dengan baik perlengkapan sand filter kolam. Dari namanya pasti paham bahwa fungsi sand filter kolam adalah sebagai penyaring air lewat pasir khusus dari kotoran kecil.

Definisi dan Kegunaan Sand Filter Kolam

Penggunaannya memang hanya ditujukan bagi industri besar yang membutuhkan sistem pengolahan air sehingga banyak orang tidak mengetahuinya. Sand filter kolam sendiri merupakan suatu alat penyaring dari berbagai partikel kotoran yang ukurannya kecil seperti bakteri.

Untuk fungsinya lebih detail yaitu, membersihkan air dengan menyaring kotoran lewat media pasir sehingga bisa menghilangkan kekeruhan dan hasilnya akan terlihat lebih jernih. Sand filter terdiri dari berbagai jenis dan kapasitas dengan begitu penggunaannya juga sesuai kebutuhan.

Banyaknya kapasitas dari sand filter mulai dari 3.000 sampai 300.000 liter per jam yang menunjukkan bahwa alat ini menjadi penyaring air utama dan sering digunakan. Terbuat dari stainless steel dipadukan dengan besi lunak untuk menampung volume air dengan jumlah banyak dalam waktu lama, ada pula yang terbuat dari bahan fiberglass.

3 Tipe Sand Filter Kolam Yang Umum Digunakan

Banyak industri yang menggunakan ketiga tipe ini, fungsi serta mekanisme kerjanya pun berbeda-beda. Dengan begitu, pemilihan sand filter kolam didasarkan atas kebutuhan dan pastinya budget dari penggunanya. Simak penjelasannya:

1. Sand Filter Kolam Rapid

Desain tipe ini banyak digunakan di sistem pengolahan dan perawatan air di Amerika, pemasangannya membutuhkan tempat lebih luas daripada jenis lain. Untuk mekanisme kerjanya berprinsip atas gaya gravitasi dari tekanan pompa yang dipakai.

Dengan memanfaatkan gravitasi, air akan di filter melewati sand filter rapid dari atas lalu turun ke bawah. Tipe ini menggunakan pasir dan beberapa material lain seperti gravel sebagai media penghilang zat kotor dalam air yang telah membentuk floc saat penambahan senyawa koagulan.

Proses kerjanya air yang difilter akan lewat dari atas sebab adanya gaya gravitasi atau tekanan pompa. Zat pengotor nantinya terjebak di permukaan bawah media pasir. Setelahnya filtrate water keluar dari bawah alat. Untuk membersihkannya, perlu dilakukan backwash secara berkebalikannya.

2. Sand Filter Kolam Up Flow

Penggunaan tipe ini lebih umum digunakan sebab banyak keunggulan dari pemakaiannya. Seperti konsumsi daya listrik rendah, sistemnya continue tidak akan repot terganggu dengan proses backwash, tekanan lebih kecil serta menghasilkan air lebih besar daripada tipe lainnya.

Proses kerjanya, air yang mau disaring akan masuk ke penampungan dahulu di bagian bawah alat lalu mengalir ke atas lewat media pasir dengan menggunakan pompa. Zat pengotor bisa terjebak saat proses tersebut lalu filtrate water keluar dari permukaan pasir.

Media pasir yang mengandung zat pengotor akan dialirkan ke washbox chamber pada bagian atas alat lewat sebuah pipa untuk dicuci. Apabila sudah bersih, akan dimasukkan kembali ke dalam lalu material floc dibuang keluar.

3. Sand Filter Kolam Slow

Tipe yang ini merupakan jenis paling tua sebab sudah mulai digunakan sejak tahun 1872 di Amerika. Bentuk alatnya cenderung lebih kecil daripada aslinya. Penggunannya juga mudah karena tidak memerlukan penambahan senyawa koagulan sehingga menurunkan biaya operasi.

Sand filter tipe slow terdiri dari beberapa bagian yaitu media pasir dan gravel, tank penampung, pengatur aliran serta penampungan untuk air hasil filtrat. Alat ini bisa mengurangi jumlah zat pengotor seperti bakteri patogen serta senyawa lain yang menyebabkan kekeruhan lalu bau tidak enak.

Banyak kelebihan dari penggunaan tipe ini, selain dari biaya operasional lebih murah, perawatannya juga lebih minim juga zat pengotor seperti lumpur tidak akan dihasilkan. Namun harus membutuhkan area yang luas serta instalasi pemasangan alatnya lebih rumit dibandingkan sand filter lainnya.

Kunjungi Situs Terkait Sand Filter Kolam!

Bagi yang masih belum paham betul fungsi dan pemasangan sand filter, bisa langsung kunjungi mandorkolam.com. Konsultasikan sesuai kebutuhan, pastinya akan memberikan hasil solutif serta maksimal bagi permasalahan pengairan Anda.

Sebagai penyedia jasa supervisi pembuatan dan desain kolam renang, dijamin menguasai bagaimana sistem pengolahan air dengan baik. Jadi jangan ragu untuk konsultasi dengan mandorkolam.com, wujudkan kolam renang impian Anda yang bersih dan nyaman! Pemasangan sand filter adalah salah satunya.

error: Content is protected !!