Realize Your Dream Swimmingpool
ukuran kolam renang

Ukuran Kolam Renang dengan Berbagai Standar yang Harus Dipahami

Ada berbagai macam ukuran kolam renang yang patut Anda pertimbangkan sebagai langkah awal untuk membangunnya. Sebab ia akan mempengaruhi dari berbagai segi seperti biaya, material yang dibutuhkan serta tenaga kerjanya.

Beberapa Macam Standar Ukuran Kolam Renang

Ukuran kolam renang merupakan hal penting untuk dipertimbangkan. Selain itu, hal ini juga akan mempengaruhi kebebasan Anda untuk berenang sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Ukuran Kolam Renang SNI

Ukuran SNI atau Standar Nasional Indonesia ini merupakan sebuah kolam renang yang akan digunakan untuk kompetisi sehingga harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Secara garis besar setidaknya harus memiliki panjang 50 meter. Kemudian untuk lebar kolamnya sendiri adalah 25 meter, dengan kedalaman kolam 1,35 meter hingga 2 meter, dan pada lintasannya harus mencapai jarak 2,5 meter per lintasan.

Selain itu, temperatur ini juga harus dipertimbangkan supaya perenang bisa nyaman, yaitu sekitar 250C – 280C.

2. Ukuran Kolam Renang Internasional

Selanjutnya adalah ukuran kolam berdasarkan standar internasional. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan SNI dan juga difungsikan untuk perlombaan atau kompetisi.

Hanya saja terdapat kedalaman minimun supaya lebih ideal. Kedalaman yang diharuskan pada kolam dengan standar internasional ini minimal adalah 1,35 meter di lintasan awal hingga mencapai 3 meter.

Selain itu, juga diperlukan pencahayaan sinar lampu dalam air yang dibutuhkan, yakni sekitar 1500 lumen.

3. Kolam Renang Umum

Anda pasti sering kali menjumpai atau bahkan mendatangi kolam renang umum maupun wisata. Meskipun rata-rata mereka memiliki ukuran serta desain kolam renang berbeda, namun sebenarnya tetap ada standar khusus.

Meskipun begitu, kolam ini tidak disandarkan pada standar internasional maupun nasional. Akan tetapi, berdasarkan pada fungsinya yang hanya sebagai tempat latihan renang dan sebagai tempat wisata.

Hanya saja secara umum setidaknya memiliki panjang 25 meter, lebar kolam 12,5 meter dengan kedalamam 1,35 meter hingga 1,6 meter. Yang biasanya disebut dengan kolam renang Semi Olympic.

4. Kolam Renang Rumahan

Selain kolam untuk umum, kini juga terdapat standar ukuran kolam renang yang digunakan untuk perumahan pribadi biasa. Meskipun hal ini tidak baku, setidaknya dapat digunakan sebagai patokan dasar.

Untuk ukuran panjang dan lebar kolam tidak ada acuannya, bebas-bebas saja tergantung lahan yang ada.

Hanya saja yang membuat ukuran kolam renang berbeda adalah dari segi kedalaman kolamnya dan desain yang menarik serta berbagai ornamen dan fitur pelengkapnya.

Ada berbagai variasi kedalam kolam yang bisa di pilih, mulai dari yang paling dangkal yaitu 80cm, 100cm, 125cm, dan 140cm.

Tipe Kolam Renang

Kemudian, selain mempertimbangkan lahan yang tersedia, hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah tipe kolamnya.

Memang benar, jika saat ini ada berbagai macam variasi yang bisa diterapkan bahkan dengan lokasi yang sempit sekalipun.

1. Indoor (Dalam Ruangan)

Pertama adalah tipe indoor atau di dalam ruangan. Cara ini bisa diterapkan apabila memiliki lahan terbatas, akan tetapi ingin memiliki kolam renang.

Anda pun dapat membuatnya menjadi Ground dengan lantai dasar atau Highrise yang terdapat di dalam gedung bertingkat dengan ukuran kolam renang bisa disesuaikan dengan lahan.

Hanya saja Anda juga harus menyiapkan budget lebih karena cara ini sudah pasti akan membutuhkan biaya lebih untuk proses pembangunan maupun perawatannya.

2. Outdoor

Tipe kedua adalah kolam renang outdoor atau di luar ruangan. Tentu untuk karakteristiknya pasti sudah sering kali menjumpai karena memang umum digunakan di rumah-rumah maupun tempat umum seperti wisata.

Ukuran kolam renang outdoor juga bervariasi dalam pembuatannya. Untuk membuat kolam renang outdoor ini, Anda bisa menjadikannya seperti menyatu dengan alam maupun taman bahkan bangunan.

Istilah lainnya adalah concrete environment sehingga akan nampak cocok dengan bangunan-bangunan beton di sekitarnya.

3. Semi Outdoor

Tipe kolam selanjutnya adalah semi outdoor. Sebenarnya ia hampir sama saja dengan tipe indoor. Hanya saja perbedaannya dapat dibangun di dalam gedung maupun luar sehingga terlihat lebih fleksibel.

Namun, kolam dengan tipe seperti ini akan selalu dilengkapi dengan atap hingga langit-langit gedung sehingga terlihat seperti sebuah bangunan yang menyatu.

Temukan Ukuran Kolam Terbaik dengan Mandor Kolam

MandorKolam menyediakan jasa supervisi pembuatan kolam renang yang akan melayani kebutuhan Anda dalam membuat kolam renang dengan cara mudah. Yang telah membangun berbagai tempat berenang umum, dirumah pribadi maupun di lokasi-lokasi wisata dengan hasil yang berkualitas.

Anda pun tak perlu khawatir karena MandorKolam ini memang memiliki banyak sekali pengalaman selama bertahun-tahun. Apalagi ditambah dengan tenaga ahlinya yang spesialis kolam renang.

Itulah berbagai variasi ukuran kolam renang yang perlu Anda ketahui sehingga ketika ingin membangunnya telah memiliki gambaran ideal supaya lebih sesuai dengan kebutuhan.

error: Content is protected !!