Realize Your Dream Swimmingpool
selang vacuum

Selang Vacuum untuk Kolam Renang

Untuk membersihkan kolam renang memang dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya memanfaatkan alat selang vacuum yang terbukti ampuh mengangkat kotoran-kotoran membandel. Tidak heran bila banyak orang memilihnya karena mudah digunakan.

Cara Menggunakan Selang Vacuum untuk Membersihkan Kolam Renang

Menjaga kolam agar selalu bersih memang tidak mudah. Karena meski tergenang banyak air, nyatanya kotoran debu lebih mudah mengendap di bagian dinding dan dasar lantai sehingga lama kelamaan membuat tampilan menjadi keruh. Untuk menghilangkannya membutuhkan bantuan selang vacuum, simak langkah mudahnya di bawah ini:

1. Siapkan Alat

Untuk membersihkan kolam renang dari endapan debu yang menempel, Anda memerlukan bantuan selang vacuum atau biasa disebut vacuum fitting. Siapkan alatnya usahakan dalam keadaan bersih dan berfungsi. Cek dahulu sebelum digunakan agar ketika berjalan tidak lagi macet atau tersendat.

Karena jenis vacuum ada 2 yaitu langsung buang dan biasa dialirkan ke filter. Selain menyediakan selang perlu pula mempersiapkan ember untuk wadah pembuangan dan juga alat tambahan, seperti sikat kolam untuk membantu mengarahkan kotoran ke suatu tempat.

2. Matikan Mesin

Selanjutnya sebelum Anda memulai melakukan pembersihan menggunakan selang vacuum, terlebih dahulu mesin kolam harus dimatikan. Hal ini karena saat pengaturan membutuhkan air tenang. Arahkan handle filter ke mode off atau mati. Sedangkan vacuum diposisikan ke on atau menyala.

Nyalakan pula saluran pipa yang digunakan sebagai jalur pembuangan. Bila kolam renang berjenis skimmer maka diposisikan ke on. Sedangkan untuk kategori main drain dan balancing diarahkan pada posisi off.

3. Nyalakan Mesin

Selanjutnya jika semua pengaturan sudah dilakukan, hidupkan kembali mesin kolam renang. Dengan catatan bahwa semua pipa telah dipastikan benar di posisinya. Barulah kemudian lakukan vacuum kolam renang menggunakan selang untuk mengangkat semua kotoran, debu, daun, hingga bunga.

Jika Anda ingin menjangkau kotoran jauh secara lebih cepat, gunakan selang vacuum bersamaan dengan skimmer. Tetapi bila hanya memiliki satu alat saja tetap bisa dipakai manual, yaitu berjalan ke wilayah kotor untuk menyedotnya. Lakukan berulang dan merata mulai dari pinggir ke tengah.

4. Kotoran Dasar

Khusus mengangkat kotoran yang berada di dasar lantai Anda harus menyambungkan selang vacuum hose dengan pipa fitting untuk kolam berjenis overflow. Tetapi jika kolam masuk kategori skimmer maka ujung vacuum hose disambung ke pipa skimmer dan telescopic handle.

Arahkan selang ke kotoran yang ada di dinding dan dasar lantai secara merata. Lakukan urut dan searah agar terlihat bagian bersih dan masih kotor. Untuk beberapa kerak debu melekat bisa disingkirkan dengan bantuan sikat lantai agar turun dahulu baru disedot.

5. Mengatur Pipa

Langkah terakhir yang Anda tempuh saat membersihkan kolam menggunakan selang vacuum yaitu mengatur kembali pipa. Semua jalur ditutup kecuali ukuran medium dan balancing tank saja yang terbuka bagi kolam jenis overflow. Tetapi pada ketegori skimmer hanya membuka pipa pembuangan.

Kemudian kotoran yang sudah disedot tadi akan dialirkan searah melalui pipa-pipa pembuangan. Dengan begitu, para pekerja atau pemilik tidak perlu repot membuangnya satu-persatu.

6. Mencuci Filter

Setelah membersihkan kolam renang dan mengatur ulang pemipaan, maka kotoran yang sudah divacuum akan dialirkan secara otomatis. Jika Anda melihat dinding dan lantai telah bersih total, maka barulah kemudian cek filter penyaringan semprot dengan air agar permukaannya bersih.

Hal ini karena saat penyedotan debu, masih ada beberapa kotoran menempel. Jika tidak dibersihkan maka lama kelamaan menjadi lebih tebal dan sulit dihilangkan.

7. Nyalakan Mesin Sirkulasi 4 Sampai 8 Jam Sehari

Setelah membersihkan debu menggunakan selang vacuum, biarkan mesin kolam tetap menyala. Usahakan dikontrol selama 4 hingga 8 jam minimal dalam sehari. Hal ini dilakukan agar keadaan air kolam tetap terjaga dan tidak membiarkan kotoran lama mengendap.

Sebaiknya dimatikan ketika kolam tidak lagi dipakai seperti malam hari. untuk membersihkan dengan selang vacuum bisa dilakukan secara berkala. 2 hari sekali dengan cara yang sama.

Jika Anda masih kesulitan untuk menggunakan selang vacuum sendirian, silahkan masuk ke situs mandorkolam.com. Selain ulasan di atas, beragam informasi terkait kolam renang tersedia lengkap, bahkan juga terdapat layanan pembuatan kolam untuk hunian pribadi.

error: Content is protected !!