Realize Your Dream Swimmingpool
mesin kolam renang

Mesin Kolam Renang dengan Beragam Kinerjanya

Sekilas menyenangkan memiliki fasilitas berenang pribadi. Anda tidak lagi perlu menghabiskan biaya masuk atau perjalanan untuk ke wahana umum. Tetapi ternyata untuk membuatnya sendiri juga harus sesuai standar, salah satunya memiliki mesin kolam renang.

Mesin Kolam Renang Berperan Penting akan Menjaga Kebersihan

Setiap orang pasti menginginkan kolam renang yang bersih. Bukan hanya karena menyenangkan dilihat, tetapi juga memberikan rasa nyaman saat melakukan aktivitas olahraga. Maka, keberadaan mesin kolam renang bisa menjadi solusi tepat karena memiliki fungsi seperti berikut:

1. Menghisap Air

Salah satu kinerja mesin kolam renang terbukti akan kemampuannya menghisap air, biasanya dilakukan secara terus-menerus. Ada pula yang bekerja hanya ketika kolam sedang tenang dan tidak digunakan. Efek yang diberikan adalah efisiensi penggunaan air (bisa digunakan dalam jangka lama tanpa dikuras).

Mesin kolam renang akan menghisap air secara terus menerus. Kemudian kotoran-kotoran di arusnya ikut terserap lalu tertahan dan hanya air jernih saja mampu kembali ke posisi semula. Cara ini terbilang lebih efektif karena Anda cukup menyalakan tombol saja, maka mesin akan bekerja.

2. Penyaring Lanjutan

Kolam renang pribadi atau umum biasanya juga dilengkapi dengan skimmer, tugas utamanya menyaring kotoran berukuran besar. Tetapi tidak semuanya tertahan karena ada pula beberapa sampah masih lolos. Degan kata lain di sinilah kegunaan keranjang milik mesin kolam untuk penyaringan lanjutan.

Biasanya kotoran yang tersaring oleh mesin kolam renang berukuran kecil. Anda tidak perlu khawatir akan kecepatan kerusakan, karena sudah didesain sesuai fungsinya. Hampir semua endapan debu bisa terhisap secara sempurna dengannya.

3. Mengetahui Tekanan

Kegunaan mesin kolam renang juga berperan untuk penanda tekanan air pada tabung filter, Anda bisa mengecek secara berkala. Dengan begitu akan mengetahui kestabilan filter kolam tetap terjaga. Karena semakin banyaknya kotoran sampah atau debu yang mengendap maka jarum pada Presure Gauge menunjukkan angka tinggi.

Setiap mesin dibekali batas tekanan berbeda-beda. Jika normal maka selalu menunjukkan angka di atasnya. Tetapi jika mesin mengalami gangguan, memperlihatkan jarum lebih rendah dari batasnya. Hal ini cukup menguntungkan, karena pemilik bisa memutuskan waktu yang tepat untuk pembersihan atau tidak dilakukan jika belum perlu.

Hal-hal yang Diperhatikan Sebelum Menentukan Mesin Kolam Renang

Seperti kegunaannya, mesin kolam renang memang memegang kendali cukup besar untuk perawatan. Maka dari itu tidak semua jenis bisa cocok digunakan. Anda perlu memperhatikan atau mengenali kolam terlebih dahulu agar sesuai ketika dipasangkan. Lantas apa saja hal yang harus diperhatikan?

1. Volume Air

Hal pertama yang harus Anda kuasai adalah volume air kolam. Jika belum mengetahuinya, bisa diukur sendiri secara manual yaitu panjang kolam x lebar kolam x tinggi air bila bentuknya balok. Tetapi jika bulat maka ukur saja bagian diameter beserta ketinggian airnya.

Mengetahui volume air sangat penting karena mesin kolam renang dipilih berdasarkan kapasitas pompa yang sesuai. Jika Anda salah memperhitungkannya bisa jadi ketahanannya tidak lama karena terlalu keberatan tekanan. Bahkan hingga kerusakan lebih sering hanya karena bekerja terlalu berat.

2. Flow Rate

Selain mengetahui volume, Anda juga perlu memperhatikan kemampuan aliran air sebuah mesin. Bukan lagi mempertimbangkan harga murah dan mahal atau kualitas sangat bagus. Tetapi mencari yang sesuai dengan kebutuhan setiap meter kubik aliran per jam.

Memang lebih baik memiliki mesin berukuran flow rate besar. Karena jika terlalu kecil, lama kelamaan tidak hanya proses pengisian lama tetapi juga bisa membuat macet dan tidak lagi bekerja. Tetapi sebaiknya hanya memilih ukuran selisih sedikit saja agar tidak terlalu keras perputarannya.

3. Tabel Curve of The Pump

Hal berikutnya yang perlu dijadikan pertimbangan yaitu tabel curve of the pump untuk menentukan mesin. Anda perlu mempelajari cara membacanya agar tidak asal membeli meski kualitas terbaik dan harga mahal. Salah satunya adalah mengenai Total Head.

Selain memperhatikan Flow Rate, maka Anda juga perlu mengetahui head nya. Hubungannya berbanding terbalik. Jika kemampuan flow rate cepat maka head menunjukkan angka rendah. Artinya bila hambatan yang dilalui air rendah akan semakin cepat selesai proses penjernihan airnya.

Website mandorkolam.com menyediakan beragam informasi lainnya seputar mesin kolam renang untuk menjaga kebersihan dan juga keseimbangan air. Semua info berkaitan dengan perlengkapan kolam renang disajikan secara lengkap dan terperinci.

Jika Anda tidak puas dengan kondisi kolam renang saat ini, silahkan gunakan jasa MandorKolam untuk melakukan renovasi tempat berenang kesayangan Anda.

error: Content is protected !!