Realize Your Dream Swimmingpool
apa itu gutter

Apa Itu Gutter? Berikut Ulasannya

Kolam renang merupakan salah satu tempat yang banyak diminati orang untuk menghilangkan stress. Selain itu juga bisa dipakai menjadi tempat olah raga yang bagus. Namun sebagian dari mereka memang kurang begitu mengenal eleman di dalamnya, termasuk apa itu gutter?

Mengenal Istilah Apa Itu Gutter

Apa itu gutter? pasti masih terdengar asing di telinga banyak orang. Gutter adalah satu elemen penting kolam renang. Pada kolam renang terdapat berbagai elemen dan komponen dengan fungsi berbeda namun untuk tujuan sama. Seperti halnya gutter, dimana merupakan salah satu komponen yang dipakai untuk jenis sistem sirkulasi overflow.

Istilah gutter itu sendiri dipergunakan dalam bahasa teknik sipil terkait pembuatan kolam renang. Lalu apa fungsi dari gutter itu? Intinya merupakan sebuah nama dari elemen dengan bentuk dan cara kerja mirip parit. Kemudian berada di lokasi sekeliling dengan ukuran dan kedalaman yang disesuaikan kebutuhan.

Fungsi utama gutter sebagai tempat menampung air tumpahan dari kolam renang yang berlebih. Kemudian biasanya di atas gutter terdapat penutup berupa beton, alumunium dan sebagainya. Jika masih dulit dipahami berikutnya akan dibahas mengenai sistem sirkulasi overflow.

Mengenal Sistem Sirkulasi Kolam Renang Overflow dan Apa itu gutter 

Agar semakin paham apa itu gutter? Perlu juga diketahui bagaimana sistem sirkulasi kolam renang bekerja. Terutama yang memanfaatkan elemen tambahan berupa tampungan air seperti overflow. Jika hal ini dimengerti maka bisa tahu dimana peran dan bagaimana cara kerjanya. Oleh karena itu penting untuk memahami pengertian apa itu gutter.

Setiap kolam renang harus memiliki sistem sirkulasi agar air tetap bersih sehingga aman untuk digunakan berenang. Jenis overflow merupakan salah satu tipe yang memerlukan sebuah media penghubung ke balancing tank. Di sini gutter berperan menyalurkan air berlebih ke penyimpanan.

Setelah berada di gutter air diarahkan menuju balancing tank untuk diteruskan ke filter agar keluar dalam keadaan bersih. Kemudian baru dikembalikan lagi kedalam kolam renang ketika air berkurang. Hal tersebut terus berlanjut maka sirkulasipun berjalan dengan lancar.

Macam Kolam Renang Overflow Beserta Gutter

Setelah tadi dijelaskan mengenai apa itu gutter serta gambaran umum dari sistem sirkulasi overflow. Kemudian ditambah dengan bagaimana dan dimana gutter bekerja. Selanjutnya perlu diketahui jenis dari kolam renang karena masing-masing mempunyai spesifikasi serta cara berbeda. Berikut ulasannya:

1. Zero Edge

Jenis pertama bernama zero edge yang mempunyai tepian rata dengan titik nol. Bahkan untuk sisi luar kolam renang juga demikian sehingga tidak terlihat dari jauh. Penerapannya biasa dipakai untuk pembangunan lahan terbatas karena memang simpel dan kebanyakan berukuran kecil.

Ukuran kolam renang yang kecil membuat gutter juga perlu disesuaikan. Hal tersebut biasanya digunakan ukuran-ukuran selokan standar dengan kedalaman maksimal 50 cm. Kemudian perlu dipasangi penutup, misalnya saja dengan memakai barisan kayu langsung menuju tengah.

2. Raised Overflow

Berikutnya adalah raised overflow jenis ini mengadopsi sirkulasi air dari kolam langsung ditumpahkan ke tepian. Kemudian terdapat gutter yang menampung airnya dan berada di samping kanan serta kiri saja. Hanya saja tidak lebih tinggi dari bibir luar atau posisinya rendah.

Hal tersebut membuat kolam renang terlihat menonojol keluar. Jenis raised overflow ini biasa ditemukan pada rumah-rumah dengan halaman belakang luas. Sedangkan kedalaman dan lebar gutter mengikuti ukuran namun umumnya memakai standar yaitu antara 20 sampai 25 cm.

3. Traditional Overflow

Kolam renang selanjutnya adalah jenis traditional overflow. Tipe ini banyak dijumpai dipakai diberbagai daerah baik dalam ukuran besar maupun kecil. Hal tersebut dikarenakan model ini merupakan awal-awal keluar dengan gutter mengelilingi seluruhnya.

Hal tersebut membuat aliran air yang menuju ke gutter melimpah. Selain itu juga rata antara batas atas selokan dengan bibir luar sebagai tempat meluap. Bentuknya hampir sama, namun biasanya tidak terlalu lebar hanya berkisar 20 cm dengan kedalaman yang melebihi tipe di atas.

4. Hidden Flow

Selanjutnya ada hidden flow yang menggunakan konsep aliran air di bawah parameter kolam renang. Hal tersebut membuat secara desain dan bentuk menjadi lebih ringkas. Ini juga banyak dijumpai dengan posisi berada di dalam atau di luar ruangan dengan penambahan pemanas.

Jenis hidden flow sendiri terhitung baru dan disebut sebagai revolusi. Alasannya karena tidak terlihat adanya gutter yang mencolok namun sirkulasinya berjalan dengan baik. Jika membahas tentang ukuran tentu kembali menyesuaikan dengan kolam renang pribadi masing-masing.

Jadi kesimpunnya, Apa Itu Gutter?

jadi kesimpulannya apa itu gutter? Gutter merupakan komponen yang dipakai dalam sistem sirkulasi air overflow. Fungsi gutter secara umum sebagai media penyalur menuju kebalancing tank sebelum disaring agar bersih. Seperti telah dijelaskan di atas jenis kolam renang sendiri ada banyak namun tetap membutuhkan selokan.

Maka pembuatannya tidak boleh sembarangan harus menggunakan jasa berpengalaman, salah satunya MandorKolam. Di sana tersedia jasa supervisi pembuatan kolam renang, termasuk pembuatan Gutter Overflow ini.

Dan berbagai informasi lainnya yang lebih detail lagi mengenai hal seputar kolam renang, termasuk pengertian apa itu gutter pada kolam renang.

Jika masih kebingungan mengenai apa itu gutter? Bisa langsung membaca isi artikel lainnya di mandorkolam.com. Selain itu, Anda juga bisa menemukan informasi lain terkait kolam renang lengkap dengan biaya pembangunannnya.

error: Content is protected !!