Realize Your Dream Swimmingpool
Realize Your Dream Swimmingpool
Kolam renang plastik

Kolam Renang Plastik: Tips Memilihnya

Kolam renang plastik merupakan tempat bermain air yang asik dan aman untuk digunakan oleh anak-anak. Pasalnya, orang tua bisa lebih mudah memantau anaknya. Selain itu, media tersebut juga dirasa lebih praktis dan bisa menempatkannya dimana pun. Sebab tinggal diisi air saja sudah dapat digunakan.

Tips dalam Memilih Kolam Renang Plastik

Membeli kolam renang terbuat dari plastik memang menjadi salah satu langkah bijak dalam menjaga anak tetap bisa bermain dalam kondisi yang aman. Sebelum mengeluarkan budget pastikan Anda mengetahui fungsinya beserta kesesuainnya dengan anak-anak. Berikut 6 tips khusus untuk pembaca:

1. Sesuai dengan Usia Anak

Dewasa ini banyak sekali model kolam renang plastik. Untuk itu, pastikan membeli salah satunya dengan menyesuaikannya terhadap usia anak. Apabila si kecil masih berusia 1 tahun, sebaiknya pilih jenis yang tidak terlalu besar dan dalam sehingga buah hati tidak tenggelam saat berada pada posisi duduk.

Jika buah hati telah menginjak usia di atas 2 tahun, maka Anda bisa membeli kolam renang plastik dengan tingkat kedalaman maksimal. Dengan begitu, si kecil dapat lebih aktif mengeksplorasi air dan juga bisa belajar berenang secara mandiri walaupun harus tetap didampingi.

2. Perhatikan Tempat Meletakkan Kolam Renang Plastik

Kolam renang plastik tersedia dengan berbagai macam bentuk berbeda dalam segi ukuran, mulai dari yang kecil untuk bayi hingga sedikit besar bagi balita di atas 2 tahun. Oleh sebab itu, sebelum membeli sebaiknya pastikan dulu berapa luas lokasi untuk digelarnya tempat bermain anak ini.

Anda dapat membeli kolam renang yang sedikit lebih kecil dari tempat digelarnya agar tidak terjadi goresan antara dinding dengan pelampungnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan kebocoran dan lebih baik lagi jika meletakkannya di ruang terbuka, seperti pekarangan atau taman rumah.

3. Sesuaikan dengan Jumlah Anak yang Menggunakannya

Hal satu ini juga berhubungan dengan ukuran. Jika buah hati Anda lebih suka bermain bersama dengan temannya, maka sebaiknya membeli kolam renang plastik yang berukuran lebih luas sehingga dapat menampung 2 anak atau lebih. Jangan lupa menyesuaikannya terhadap tempat.

Sangat baik jika peletakannya berada di pekarangan, maka anak-anak bisa bermain lebih leluasa dengan ukuran tempat bermain yang luas. Alternatif lain adalah membeli 2 jenis kolam renang berbeda luasnya sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan dan kondisinya.

4. Bahan Kuat dan Berkualitas

Meskipun terbuat dari plastik, Anda sebagai orang tua harus tetap memilih jenis kolam renang yang berbahan kuat sehingga tidak mudah bocor. Jika tipis, tentu akan mengganggu anak ketika sedang bermain jika tiba-tiba pelampungnya kempes begitu saja.

Sebelum membeli, pastikan juga Anda memeriksa ketebalan serta kekuatan plastik. Hal semacam ini dapat ditanyakan langsung kepada penjual atau orang tua dan anak bisa mencobanya terlebih dahulu. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, namun kualitasnya sangat rendah.

5. Sesuaikan dengan Karakter Buah Hati

Saat ini model beserta jenis kolam renang anak sudah sangat beragam. Ada yang hanya berbentuk bulat polos, namun adapun bentuknya disertai dengan aksesoris layaknya tempat bermain. Dengan begitu buah hati tidak hanya bisa mengeskplorasi air, tetapi juga aktif melakukan permainan.

Sebaiknya Anda menyesuaikan dengan karakter anak. Jika si kecil tergolong balita yang aktif dan suka melakukan banyak hal, maka disarankan untuk membeli jenis kolam renang dengan tambahan aksesoris layaknya tempat bermain sehingga buah hati bisa menyalurkan keaktifannya melalui fasilitas tersebut.

6. Kolam Renang Plastik Mudah Dirapikan

Meskipun memiliki model menarik dan sangat luas dalam segi ukuran namun sulit ketika dirapikan, maka hal tersebut tentu menjadi sesuatu yang sia-sia. Pasalnya kolam renang dengan tingkat kesulitan tinggi saat merapikannya cenderung berisiko mudah rusak dan mudah bocor.

Sebaiknya pastikan dulu kolam renang yang akan dibeli memiliki tingkat kemudahan tinggi dalam proses perapiannya. Anda dapat memeriksanya langsung pada tempat penjual sambil melakukan praktek. Selain itu, jika saat menggunakan dibutuhkan pompa pastikanlah orangtua memilikinya di rumah.

Orang tua bisa membangun kolam renang sendiri di rumah. Salah satu jasa pembuatan tempat berenang impian keluarga adalah mandorkolam.com. Perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan ini telah ada sejak 1997 dan dipercaya oleh para klien dalam memuaskan pelanggan.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai tips memilih kolam renang plastik yang aman digunakan si kecil untuk bermain. Meskipun terbilang savety, Anda tetap harus mendampingi buah hati.

error: Content is protected !!