Realize Your Dream Swimmingpool
alat snorkeling

Alat Snorkeling yang Cukup Familiar

Liburan dipinggir laut merupakan hal yang menyenangkan dan biasa disukai penduduk Indonesia, terlebih jika ingin melakukan olehraga snorkeling. Apalagi jika terdapat pemandangan terumbu karang serta biota diperairan dangkal tepi pantai. Apabila mau mencoba perlu dikenal beberapa alat snorkeling sebelum melakukan aktivitas.

Beberapa Daftar Alat Snorkeling

Berikut akan dijelaskan beberapa alat snorkeling jika suka melihat keindahan bawah laut. Tujuannya agar mereka yang tertarik mencoba aktivitas berenang santai mempunyai pengetahuan dasar. Hasilnya kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan refreshing terlaksana. Berikut ulasannya:

1. Snorkel

Alat Snorkeling pertama yang dibutuhkan jika ingin melakukan aktivitas snorkeling adalah snorkel. Biasanya jika membeli mask akan langsung include didalamnya atau tergabung menjadi satu. Alasannya karena memang harus digunakan sebagai satu kesatuan agar kegiatan berjalan baik.

Bagi yang asih kebingungan snorkel merupakan alat dengan bentuk menyerupai pipa. Bahan pembuatnya berasal dari silikon berdimensi panjang kurang lebih 12-14 inci. Fungsi utamanya adalah membantu penyelam agar saat bernafas dalam air tidak perlu mengangkat kepala.

2. Mask

Alat Snorkeling selanjutnya adalah mask yang merupakan salah satu alat utama penunjang aktivitas snorkeling. Bentuknya sendiri menyerupai kacamata selam berdimensi besar dan agak kotak. Peran perlengkapan ini vital karena fungsinya menjaga penglihatan agar tetap baik ketika dalam air.

Bukan hanya area mata saja melainkan hampir separuh wajah antara sekitar hidung. Secara desain memang dibuat khusus agar mempunyai kantong udara diantara dia indra manusia tersebut. Tujuannya supaya tidak ada air masuk yang dapat membuat iritasi serta aktivitas terganggu.

3. Bouyancy (Life Vest)

Alat Snorkeling ini sebenarnya merupakan jenis tambahan yaitu Buoyancy atau life vest. Jika mempunyai kemampuan berenang yang bagus sebenarnya sudah bisa melakukan snorkeling tanpa perlengkapan ini. Alasannya karena memang dikhususkan bagi yang sulit mengapung.

Tujuannya tentu agar bisa mengapung ke permukaan sehingga aktivitas snorkeling bisa berjalan santai. Selain itu juga dapat membuat bergerak secara mudah tanpa perlu tenaga berlebih. Maka jika di tengah kegiatan merasa capek bisa tenang tanpa takut tenggelam.

4. Fins (Kaki Katak)

Alat Snorkeling terakhir yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas snorkeling adalah Fins atau kaki katak. Fungsi utamanya tentu memudahkan saat berenang tanpa mengeluarkan tenaga lebih. Selain itu juga akan banyak berfungsi karena ketika dipakai cipratan air tidak akan ada.

Hasilnya pemandangan bawah laut benar-benar bisa dinikmati secara jelas. Pastinya akan membantu selain tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih juga bisa dengan nyaman berenang. Fins terbagi menjadi tiga jenis tergantung aktivitas namun umumnya memakai Foot Pocket.

Tips Memilih Alat Snorkeling

Setelah dijelaskan mengenai apa saja alat dasar yang dibutuhkan untuk kegiatan snorkeling. Maka selanjutnya perlu juga diterangkan mengenai tips bagaimana memilih perlengkapan dengan kualitas bagus. Supaya ketika ingin mencoba dan memutuskan membeli tidak kecewa dikemudian hari.

1. Snorkel

Perlu diketahui alat Snorkeling ini mempunyai dua jenis pertama yaitu dry. Ciri-cirinya terdapat katup yang terletak di ujung pipa dan dapat menutup saat terendam air. Maka masuknya air secara tidak sengaja bisa diminimalisir.

Jenis lainnya disebut standard dan tidak ada sesuatu yang spesial atau khusus. Namun keduanya mempunyai bentuk berbeda dibagian lengkungan Snorkel dibagi menjadi accordion dan fixed model. Lebih baik memilih akordion supaya mudah ketika mulut ingin menggapai mouthpiece.

2. Mask

Tips memilih alat Snorkeling Mask adalah dengan masangkan ke wajah saat memilih. Kemudian menghadap ke lantai dan tarik napas sedang lewat hidung lalu ditahan dan lepaskan pegangan. Jika masih menempel ke muka maka bisa dikatakan cocok untuk dipakai orang tersebut.

Jika sudah cocok perhatikan detail pada Starp serta volume udara yang ada di dalam Mask. Pastikan cocok dengan kondisi serta ukuran wajah agar nyaman saat dipakai snorkeling. Kemudian sebaiknya melihat dari segi harga apabila mahal biasanya secara kualitas juga bagus.

3. Coba Terlebih Dahulu di Kolam Renang

Jika sudah membeli sebaiknya dicoba terlebih dahulu sebelum langsung terjun dipantai. Tujuannya supaya tidak kaget dan menyesuaikan dengan keadaan. Supaya suasana semakin bagus maka bisa melakukan pembuatan atau memberi elemen laut pada kolam melalui jasa Mandorkolam.

Salah satu jasa yang ditawarkan oleh mereka selain pembuatan berbagai jenis kolam renang. Terdapat tambahan berupa penambahan elemen misalkan mirip terumbu karang di pantai. Maka bisa dijadikan tempat cocok untuk melakukan snorkeling secara lebih aman dan dekat.

Beberapa daftar alat snorkeling yang telah disebutkan di atas merupakan perlengkapan dasar sekaligus umum untuk menunjang aktivitas bisa berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

error: Content is protected !!