Realize Your Dream Swimmingpool
instalasi kolam renang

Instalasi Kolam Renang yang Harus Dihindari

Memasang instalasi kolam renang memang harus direncanakan dengan baik agar sistem sirkulasi berfungsi dengan sempurna, serta kenyamanan ketika berenang dapat terjaga.

Salah satu pemasangan equipment terpenting terkait tempat berenang ini adalah mengkondisikan pompa dan filter. Sebab kedua komponen tersebut berpengaruh pada tingkat kejernihan air.

Kesalahan Ketika Instalasi pada Kolam Renang

Pemasangan baik dan benar akan membuat proses sirkulasi atau perawatan terkait kejernihan air berfungsi secara optimal. Namun, bila tidak dipasang dengan benar justru menimbulkan berbagai macam masalah.

Berikut beberapa kesalahan yang biasa terjadi ketika melakukan instalasi pada kolam renang:

1. Tidak Adanya Maindrain

Maindrain merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi kolam renang untuk menunjang proses sirkulasi air pada kolam renang. Keberadaannya sangat dibutuhkan meskipun sistem yang dipakai adalah skimmer, overflow ataupun semi-overflow. Ketiganya sama-sama membutuhkannya.

Adanya maindrain dapat menjadi sarana pembuangan air ketika dilakukan proses pengurasan. Selain itu, alat tersebut juga berfungsi memastikan sirkulasi air dapat berjalan dengan baik. Bisa dibayangkan jika alat ini tidak ada, tentu kejernihan air kolam renang akan sulit dijaga.

2. Jumlah Inlet Yang Tidak Sesuai

Salah satu aksesoris penting pada kolam renang adalah inlet. Hal ini juga menjadi hal yang penting dalam instalasi kolam renang. Komponen tersebut berfungsi mengeluarkan air yang telah melalui proses filterisasi. Pemasangannya harus memerhatikan kekuatan mesin. Apabila kekuatannya mencapai ¾ HP, maka cukup dipasang 3 buah saja.

Pemasangan jumlah Inlet yang berlebihan dapat menimbulkan semburan air pada kolam renang berkurang sehingga penampilannya kurang estetik. Air akan terlihat lebih tenang serta tidak hidup. Tentu hal ini membuat seseorang kurang berminat untuk melakukan aktivitas berenang.

Sedangkan apabila pemasangan jumlah Inlet kurang, maka semburan airnya terlalu kencang dan dapat mengakibatkan kerja pompa yang terlalu berat sehingga pompa akan cepat rusak.

3. Tidak Memasang Skimmer Box Pada Sistem Skimmer

Khusus bagi kolam renang dengan sistem skimmer, maka sebaiknya Anda memasang komponen satu ini.

Pasalnya, Skimmer Box pada instalasi kolam renang tersebut berfungsi untuk mengurangi penumpukan debu serta kotoran yang mengambang dipermukaan air sehingga kebersihan kolam renang terjaga baik, sebab mengandalkan vacuum cleaner saja tidak cukup.

Selain itu, keberadaan Skimmer Box juga perlu dipasang karena berfungsi sebagai tempat penyambung selang vakum. Apabila tidak dilengkapi dengan alat ini, maka air kolam renang akan sangat sulit untuk bersih.

4. Tidak Memasang Vakum Fitting di Bagian Tengah Dinding Kolam

Pemasangan instalasi kolam renang sistem Overflow membutuhkan Vakum Fitting yang letaknya harus berada di tengah dinding kolam renang, bertujuan untuk memudahkan ketika dalam proses pembersihan dengan menggunakan Vacuum Cleaner.

Sampah di air tidak selamanya berupa daun-daun gugur, namun juga partikel-partikel kecil. Lubang pada Vakum Fitting juga berfungsi untuk menyerap berbagai debu dan kotoran berukuran halus pada kolam renang.

Pasalnya sekecil apapun kotorannya, tetap membuat tempat berenang ini terlihat kotor dan kurang nyaman memakainya.

Pemasangan pada bagian central juga sangat strategis saat melakukan penyerapan berbagai macam kotoran. Alhasil daya kerja hisapnya berfungsi dengan baik.

Apabila Vakum Fitting dipasang pada bagian pinggir atau tidak berada ditengah, maka proses penyerapan kotoran tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga kolam tak akan bersih secara maksimal.

Oleh sebab itu, pastikan pemasangannya instalasi untuk vakum berada di tempat yang tepat pada kolam renang Anda.

5. Pemasangan Pipa yang Berkelok-kelok

Pipa Menjadi salah satu instalasi kolam renang yang sangat diperlukan. Pemasangan yang berkelok-kelok akan membutuhkan kinerja pompa yang lebih besar sehingga hal tersebut terkesan tidak efektif dan efisien.

Pipa seharusnya dipasang sesederhana mungkin untuk menghemat waktu serta tenaga. Diperlukan perencanaan matang agar terpasang dengan tepat.

Pada ruang mesin, seharusnya terpasang 4 jalur pipa utama yang masing-masingnya terhubung kepada Inlet, Vacuum, Maindrain, serta Balancing Tank.

Agar pemasangannya tidak berkelok-kelok, seharusnya filter kolam renang dipasang tidak terlalu jauh, dan Multiport menghadap kearah yang tepat.

Bangun Kolam Renang Impian Bersama Mandorkolam.com

Saat ini semua orang bisa memiliki kolam renang sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan setiap individu. Jika Anda tertarik untuk mewujudkannya, cukup kunjungi mandorkolam.com. Spesialis pembuatan kolam renang terpercaya sejak tahun 1997.

Itulah beberapa ulasan mengenai kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika sedang melakukan tahap pekerjaan instalasi kolam renang pada saat pembuatannya.

Pastikan Anda menghindari kelima kesalahan tersebut agar tetap merasa nyaman serta aman ketika berenang dan proses sirkulasi penjernihannya pun dapat berfungsi dengan baik.

error: Content is protected !!