Realize Your Dream Swimmingpool
Chlorinator

Chlorinator untuk Perawatan Terbaik Kolam Renang

Beberapa perawatan pada kolam renang dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan kimia, baik berupa padatan ataupun cairan.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya apabila tertelan oleh perenang karena keberadaannya tidak untuk dikonsumsi. Maka, hadirlah chlorinator yang lebih efektif dan aman.

Apa Itu Chlorinator?

Chlorinator merupakan kepanjangan dari chlorine generator yang memiliki andil cukup besar dalam proses sanitasi atau pembersihan pada kolam renang. Sesuai dengan namanya, alat tersebut memiliki kaitan dengan senyawa klorin yang berfungsi untuk melakukan penjernihan air.

Jika beberapa perawatan memanfaatkan bahan kimia berupa klorin untuk menjernihkan air dalam kolam renang, maka chlorinator ini berbeda. Alat tersebut cenderung mengubah senyawa alami, seperti garam menjadi chlorine yang lebih aman serta tidak bersifat toksik apabila terkena kulit atau tertelan.

Alat ini diciptakan agar suasana kolam renang yang ramah lingkungan serta aman digunakan oleh siapapun. Sebab kandungan bahan kimia untuk menjernihkan air berpotensi menghasilkan unsur berbahaya. Apabila terkena kulit, maka bisa menimbulkan iritasi jika terminum secara tidak sengaja.

Bagaimana Cara Menggunakan Chlorinator?

Selain menghasilkan senyawa chlorine yang lebih aman, alat ini juga mampu mengatur kadar klorin dalam air sehingga penggunaannya bisa terbilang sangat efektif serta efisien.

Lantas bagaimana cara menggunakan mesin chlorinator dalam mengubah garam menjadi senyawa lain? Berikut penjelasannya:

1. Pencampuran Garam dan Air

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampurkan garam ke dalam air. Bumbu dapur dengan berbagai macam fungsi untuk menambah cita rasa masakan ini memiliki peran penting dalam proses pembentukan klorin alami dan aman.

Anda dapat melarutkan garam dengan konsentrasi antara 1800 hingga 6000 ppm ke dalam air. Gunakan garam industri yang bersih berbentuk seperti kristal-kristal kecil.

Pastikan partikel-partikelnya larut secara sempurna sehingga proses pemecahan dapat berlangsung maksimal. Pemilik bisa memanfaatkan benda panjang untuk melarutkannya.

2. Mengaktifkan Pompa Kolam Renang

Jika garam sudah terlarut dengan sempurna bersama air, maka saatnya mengaktifkan pompa kolam renang. Alat tersebut berfungsi untuk mengalirkan campuran tersebut menuju filter sehingga kotoran yang berukuran besar dapat tersaring sebelum terjadinya proses pemecahan.

Setelah melalui filter kolam renang, maka air selanjutnya masuk ke dalam mesin chlorinator untuk melalui proses pemecahan garam. Pastikan alat tersebut berfungsi dengan baik secara teknis maupun nonteknis agar pembentukan senyawa chlorine bisa berjalan secara maksimal.

3. Terjadi Proses Pemecahan

Pada dasarnya, garam terdiri atas dua unsur, yakni Na dan Cl. Melalui Chlorinator, senyawa tersebut kemudian dipecah menjadi unsur-unsur Chlorine dengan proses elektrolisis sehingga menghasilkan klorin bebas bahan kimia. Zat inilah yang kemudian dapat digunakan sebagai penjernih air kolam renang.

Di dalam klorin bebas terkandung senyawa hypochlorous (HClO) dan natrium hipoklorit (NaClO). Keduanya berfungsi untuk mengikat mineral serta kalsium lain yang berpotensi mencemari air hingga membuatnya menjadi keruh. Produksi chlorine dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Penyeimbangan Kadar pH dan Klorin

Setelah proses pemecahan selesai, maka kini saatnya untuk melakukan penyeimbangan terhadap kadar pH. Mesin chlorinator secara otomatis membuat derajat keasaman air menjadi netral. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merasakan asam ketika berenang.

Selain itu, mesin tersebut juga dapat memantau kadar garam dalam air. Umumnya, konsentrasi normalnya antara 60 hingga 80 yang dapat dilihat pada display. Apabila konsentrasinya kurang atau lebih dari itu, maka Anda tinggal menambahkan atau menguranginya melalui chlorinator. Mudah sekali, kan?

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Chlorinator

Keberadaan mesin chlorinator memang memudahkan seseorang untuk melakukan perawatan terhadap kolam renang dan tidak menimbulkan efek bahaya terhadap penggunanya. Anda bisa berenang tanpa khawatir tertelan obat-obatan kimia yang dapat bersifat toksik pada tubuh.

Di samping itu, penggunaannya yang melalui proses filtrasi membuat air yang Anda gunakan selain jernih juga terbebas dari segala bentuk kotoran. Kandungan garam pada dalam air juga mampu meminimalisir pertumbuhan lumut ataupun tumbuhan lain sehingga kolam renang terjaga kebersihannya.

Namun, kandungan garam di dalam air juga memiliki potensi untuk membuat beberapa aksesoris kolam renang menjadi berkarat, seperti tangga. Oleh sebab itu, sebaiknya menggunakan bahan yang terbuat dari bahan stainless yang bermutu tinggi agar tidak mudah terkena karat.

Dapatkan Kolam Renang Impian Melalui Mandorkolam.com

Saat ini Anda bisa membangun kolam renang sendiri tanpa repot-repot pergi ke tempat wisata untuk berenang. Dengan bantuan mandorkolam.com kini keluarga dapat bermain air sepuasnya. Dapatkan penawaran menarik dari penyedia jasa terpercaya ini sekarang juga.

Pastikan kolam renang Anda bersih dan jernih dengan memanfaatkan mesin chlorinator sehingga keamanan saat berenang tetap terpenuhi. Jangan sampai keberadaan bahan kimia justru membahayakan keluarga. Kini saatnya beralih ke teknologi yang lebih canggih. Selamat mencoba!

error: Content is protected !!