Realize Your Dream Swimmingpool
Stik Kolam Renang

Stik Kolam Renang untuk Membersihkan Kolam

Hanya beberapa orang yang sudah mengenal salah satu alat untuk pool ini, terutama bagi mereka yang memiliki kolam renang pribadi. Biasanya, stik kolam renang digunakan untuk membantu menjangkau saat sedang membersihkan dasar air.

Pengertian dan Fungsi Stik Kolam Renang

Stik kolam renang merupakan pegangan panjang sekitar 2,5 dan bisa memanjang sampai 4,8 meter terbuat dari logam untuk memasang skimmer, vacuum head dan pool brush. Alat inilah yang akan memudahkan saat membersihkan kolam renang apabila sulit dijangkau.

Dengan ukuran sampai 4,8 meter, maka Anda akan bisa menjangkau area yang susah dijangkau, apalagi pada kolam renang luas dan besar. Jadi pada ujungnya akan dipasang sikat dinding atau lantai serta saringan daun untuk membersihkan  dinding dan dasar kolam.

Meskipun jarang diketahui, ternyata fungsinya sangat penting ya untuk membersihkan kolam renang. Setelah mengetahui apa kegunaannya, selanjutnya Anda juga harus memahami bagaimana cara melakukan perawatan kolam yang baik, simak ulasannya:

1. Siapkan Alat Kebersihan dengan Lengkap

Pastikan beberapa alat sudah disiapkan terutama stik kolam renang ini. Umumnya pembersih kolam akan dipasang pada ujung tongkat pegangan untuk menjangkau dasar kolam renang. Jadi Anda harus mempunyai alat tersebut terlebih dahulu.

Alat bersih yang digunakan ialah sikat kolam untuk membersihkan dinding, dasar serta tangga. Lalu jaring daun untuk mengambil berbagai kotoran di atas permukaan air seperti daun. Penggunaannya harus dirawat juga sebab kotoran bisa tersangkut dan bersihkan secara teratur.

2. Permukaan Air Dibersihkan Paling Sering

Hal ini wajib dilakukan secara teratur, bahkan setiap hari sebab kotoran mengapung lebih sering mengotori kolam. Terlebih apabila berada di bawah pohon pastinya daun akan sering berjatuhan. Pembersihan permukaan air penting dilakukan sebab menunjukkan kebersihan adalah hal utama.

Sebenarnya langkah ini cukup mudah untuk dilakukan sebab hanya membersihkan dedaunan di permukaan air. Caranya pasang jaring pada ujung stik kolam renang lalu sapu daun-daun dan kotoran menggunakannya, pastikan sampai bersih lalu membuangnya ke tempat sampah.

3. Sikat Dinding Kolam

Setelah memastikan permukaan kolam sudah bersih, hal selanjutnya ialah menyikat dinding kolam yang biasanya ditumbuhi lumut. Hal ini bisa dilakukan lebih jarang dari pada membersihkan dari daun-daun, biasanya seminggu satu kali.

Pasangkan sikat ke ujung stik kolam renang, lalu mulailah menyikat dinding kolam. Perhatikan lebih terhadap area yang mudah ditumbuhi lumut atau tidak memiliki sirkulasi air baik seperti anak tangga. Hal ini berfungsi agar menjaga keamanan, sebab biasanya kotoran pada dinding menyebabkan licin.  

4. Menyedot Kotoran Kolam

Hal ini dilakukan untuk membersihkan lantai dasar dari kolam, salah satunya menggunakan bantuan stik kolam renang, namun untuk membersihkan kotoran- kotoran berukuran kecil perlu disedot. Pertama, siapkan dahulu alat penyedot vakum yang banyak tersedia dalam berbagai jenis.

Umumnya panduan penggunaan disertakan saat membelinya jadi jangan khawatir apabila masih kebingungan dalam pemakaian. Cukup sedot seperti yang biasa dilakukan saat membersihkan kotoran pada karpet. Sedikitnya Anda harus membersihkan dasar kolam seminggu sekali.

5. Cek Rutin Kadar pH pada Kolam

Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengontrol keamanan air yang ada. Pasalnya perubahan cuaca serta penggunaan kolam dapat mempengaruhi perubahan kadar pH. Pengujian ini biasanya dilakukan dua hingga tiga minggu sekali untuk memastikan aman digunakan berenang.

Alat uji kadar pH tersedia di apotek atau supermarket. Cara penggunaannya pun cukup mencelupkannya di air dan membaca hasilnya. Apabila menunjukkan di luar rentang 7,2 hingga 7,6 maka Anda harus membeli pengurang atau penambah pH.

6. Penambahan Klorin sebagai Pembunuh Mikrooganisme

Sudah menjadi hal yang wajib untuk penggunaan klorin pada kolam renang. Fungsinya untuk membunuh berbagai macam mikroorganisme di dalamnya sehingga keamanan sanitasi pun terjaga.

Selain itu, biasanya ditujukan agar air pada kolam terlihat lebih jernih. Jangan lupa, Anda juga bisa melarutkan klorin pada alat kebersihan seperti skimmer dan stik kolam renang untuk memastikan terbebas dari mikroorganisme berbahaya.

Di atas telah menjelaskan secara singkat mengenai stik kolam renang serta perawatan yang baik pada kolam renang. Apabila Anda kebingungan dalam merawat dan memerlukan grade up maka langsung saja hubungi Mandorkolam.

Penyedia jasa supervisi dan desain kolam renang pastinya akan mewujudkan impian Anda dengan baik dan profesional. Jadi jangan ragu untuk berkonsultasi di Mandorkolam sebab mereka juga menyediakan layanan secara online.

error: Content is protected !!