Realize Your Dream Swimmingpool
pelampung bayi

Pelampung Bayi, Apakah Aman Digunakan?

Melatih berenang sejak dini memang sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut mampu menunjang tumbuh dan kembang sang buah hati. Namun jangan sampai lupa dengan keselamatan anak. Pastikan mereka memakai pelampung bayi supaya bisa meminimalisir hal berbahaya yang tidak diinginkan.

Apa saja Manfaat Berenang untuk Bayi?

Berenang merupakan hal yang sudah tidak asing bagi bayi, apalagi jika baru saja mengalami proses kelahiran. Pasalnya, sejak dalam kandungan mereka sudah berlatih dan pandai melakukan hal tersebut karena keadaan rahim dipenuhi oleh air ketuban. Kondisi ini membuat janin perlu men­-survive dirinya.

Ketika berenang, akan terjadi gerakan lintas pola bilateral dimana kedua sisi badan dapat bergerak secara bersamaan. Hal ini dapat membangun neuron pada otak sehingga mendorong kemampuan komunikasi, membaca, kemahiran berbahasa, serta mempercepat peningkatan kesadaran bayi.

Penelitian yang dilakukan oleh Griffith University di Australia menunjukkan bahwa bayi yang melakukan aktivitas berenang terbukti memiliki kemampuan yang lebih maju dalam hal keterampilan verbal, matematika, berbahasa, mengingat cerita bahkan perkembangan mentalnya juga tidak bisa diragukan.

Ragam Jenis Pelampung Bayi

Mengingat begitu banyak manfaat dari aktivitas berenang, maka tak heran jika kini para ibu mulai mengarahkan anaknya untuk berlatih sejak masih bayi. Namun, tetap harus memperhatikan keselamatan anak, salah satunya menggunakan pelampung yang tersedia dengan banyak jenisnya, seperti:

1. Neck Ring / Pelampung Leher

Neck Ring merupakan jenis yang sering ditemui. Bentuknya bulat dan memiliki lubang pada bagian tengahnya, seperti donat. Disebut sebagai pelampung leher karena penggunaannya memang dikenakan pada bagian tubuh bayi yang terletak di bawah kepala tersebut.

Fungsi dari pelampung leher adalah untuk melindungi bagian kepala agar tidak mudah kemasukan air melalui mulut, telinga maupun mata bayi. Neck Ring sengaja didesain sangat nyaman ketika dikenakan sehingga keselamatan terjamin dan anak tetap leluasa mengeksplorasi air dengan kaki serta tangannya.

2. Swim Trainer

Swim Trainer memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Neck Ring. Bedanya, pelampung bayi satu ini dikenakan pada bagian pinggang sehingga hanya kaki saja yang digunakan untuk berenang. Sedangkan tangan beserta sebagian badan anak berada di atas.

Pada bagian tengah pelampung terdapat tali yang bisa disesuaikan untuk menopang tubuh bayi. Swim Trainer dapat dikenakan oleh anak-anak dengan usia mulai dari 6 hingga 24 bulan. Model jenis ini cenderung lebih aman, namun eksplorasi anak terhadap air hanya sebatas pada kaki saja.

3. Pelampung Pinggang

Pada dasarnya jenis satu ini hampir mirip dengan pelampung ban untuk orang dewasa. Hanya saja pada bagian tengahnya terdapat tempat duduk untuk bayi disertai lubang agar kakinya tetap bebas mengeksplorasi air. Model tersebut sangat cocok jika anak telah memiliki keseimbangan berenang.

Tujuan disediakannya tempat duduk pada bagian lubang adalah, untuk menghindari terlepasnya pelampung ketika digunakan untuk berenang sehingga bayi dapat dengan bebas berenang dan bereskplorasi. Namun keselamatan serta keamanannya tetap terjamin dengan baik.

4. Pelampung Jaket

Pelampung jaket cocok digunakan untuk anak yang telah menginjak usia 3 tahun. Jenis satu ini dapat melindungi bagian dada beserta pinggang secara keseluruhan. Bentuknya mirip seperti rompi orang dewasa, hanya saja lebih berisi agar bayi tetap aman ketika dikenakan serta terhindar dari tenggelam.

Ketika menggunakan pelampung jaket ini, bayi harus lebih aktif dan dapat berenang serta bergerak dengan leluasa. Alat bantu renang tersebut memberikan anak kesempatan mengeksplorasi air secara bebas, yakni menggerakkan tangan beserta kakinya. Namun tetap harus didampingi orang tua.

5. Pelampung Lengan

Pelampung lengan didesain khusus untuk balita berusia 4 hingga 5 tahun. Dengan kata lain telah menguasasi teknik dasar dalam berenang, seperti bagaimana mengayunkan tangan dan kakinya, mengatur napas dalam air, serta menjaga keseimbangan tubuh selama berada di kolam renang.

Pelampung jenis ini dipakai pada kedua lengan balita sehingga anak tetap terjaga keseimbangannya serta meminimalisir risiko tenggelam. Ketika berenang anak harus lebih aktif dan sekali lagi menguasai dasar-dasar berenang. Namun orang tua tetap wajib mendampinginya.

Selain ulasan di atas, Anda juga bisa menemukan hal menarik lainnya di situs mandorkolam.com. Bukan hanya informasi terkait pelampung saja, ada juga pemaparan terkait semua yang berhubungan dengan kolam renang. Bahkan juga menyediakan jasa pembuatan dengan segala macam desain.

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat mengajarkan anak berenang sejak dini serta berbagai jenis pelampung bayi agar tetap aman ketika beraktivitas di dalam air. Pastikan buah hati melakukan eksplorasi pada kolam renang yang bersih dan terjamin keamanannya dari benda-benda asing.

error: Content is protected !!