Realize Your Dream Swimmingpool
lingkungan buatan kolam renang

Lingkungan Buatan Kolam Renang yang Indah

Membuat lingkungan buatan kolam renang memang mengundang banyak manfaat. Selain memperindah pemandangan, Anda juga bisa merasakan hembusan angin yang lebih sejuk akibat dari produksi oksigen dari tumbuhan-tumbuhan di sekitarnya. Namun, jangan sampai enggan untuk melakukan perawatan secara rutin.

Cara Merawat Lingkungan Buatan di Kolam Renang

Membuat lingkungan buatan di kolam renang tentu memiliki tantangan berbeda dengan tempat lain, terutama perihal perawatan. Lahan yang sering terkena air akan cenderung ditumbuhi oleh lumut. Oleh sebab itu penting sekali merawat serta menjaga kebersihannya, banyak cara untuk merawatnya, seperti:

1. Rutin Melakukan Pembersihan

Apabila telah memutuskan untuk membuat lingkungan buatan di kolam renang, maka Anda tidak boleh malas untuk merawatnya dengan membersihkan berbagai macam kotoran secara rutin. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan ataupun kebersihan air sehingga harus diperhatikan secara seksama.

Pembersihan secara berkala ini bertujuan untuk menghindari adanya pertumbuhan lumut. Tumbuhan satu itu sangat mengganggu aktivitas berenang apalagi jika terpeleset. Oleh sebab itu, pastikan Anda rutin melakukan perawatan terhadap lingkungan buatan di kolam tersebut minimal 2 hari sekali.

2. Memasang Filter Air

Filter air merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di kolam renang. Pasalnya alat tersebut mampu menyaring kotoran, baik dalam ukuran besar ataupun kecil seperti debu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan serta kejernihan.

Apabila filter tidak dipasang di kolam renang, maka kotoran kecil maupun besar akan membuat kolam semakin keruh. Kondisi seperti inilah yang mengakibatkan banyak bakteri ataupun tumbuhan pengganggu seperti lumut bisa tumbuh pada berbagai tempat, seperti ornamen-ornamen lingkungan buatan Anda.

3. Mengatur Kadar Klorin Dalam Kolam Renang

Penggunaan klorin terhadap kolam renang selain membuat air menjadi jernih, juga menghambat pertumbuhan lumut pada dinding atau ornamen-ornamen lingkungan buatan. Di dalamnya terkandung senyawa yang mampu mengikat kotoran (termasuk tumbuhan penganggu) sehingga dapat dihilangkan.

Meskipun sangat efektif dalam membasmi kotoran, namun penggunaan klorin harus tetap memenuhi standar (tidak boleh kurang ataupun lebih). Umumnya kadar yang diperbolehkan berkisar antara 1,0 hingga 1,5 ppm. Sedangkan untuk pH nya cenderung stabil, yakni 7,2 sampai 7,6 ppm.

4. Rawat Pohon di Sekitar Kolam Renang

Merawat lingkungan buatan harus dilakukan secara menyeluruh. Bukan hanya fokus di kolam renang saja, namun juga keseluruhan. Salah satu komponennya adalah pohon yang terletak pada sekitar tempat berenang. Anda juga diwajibkan merawatnya dengan menyiramnya dengan rutin.

Selain itu, Anda juga bisa memotong bagian tanaman yang sudah mulai tua. Hal itu dimaksudkan agar daun kering tersebut tidak jatuh berserakan di kolam renang. Pastikan kebutuhan airnya terpenuhi dengan baik, tak lebih ataupun kurang sehingga keluarga tetap dapat menghidup oksigen segarnya.

5. Segera Bersihkan Kerak

Salah satu cara merawat lingkungan buatan kolam renang adalah dengan membersihkan kerak. Keberadaan kerak di dinding kolam renang bisa disebabkan oleh kotoran menumpuk yang tidak segera dibersihkan. Hal ini juga berlaku pada ornamen lingkungan hidup. Apabila mendapati noda membandel tersebut, segera lakukan pembersihan agar tak semakin sulit untuk dihilangkan.

Anda bisa menggunakan karbol kamar mandi dan mengkombinasikannya dengan sabun. Gosok terus hingga kerak benar-benar hilang, lalu bilas menggunakan air bersih sebelum kolam diisi. Jangan menunda-nunda untuk membersihkan kotoran ini sebab bisa mencemari kolam renang bila terlalu lama.

6. Menggunakan Alat Pembersih yang Tepat

Ada banyak sekali jenis kotoran yang ada di kolam renang. Misalnya rontokan daun dari pohon dan biasanya terlihat pada permukaan air. salah satu cara merawat lingkungan buatan kolam renang dengan menggunakan penyaring sampah berbentuk seperti jaring. Penggunaannya sangat mudah serta lakukan secara rutin.

Selain rontokan daun, ada juga sampah yang tidak terlihat pada permukaan, namun ketika Anda berenang dan mulai menyelam, maka akan terlihat banyak kotoran di dalam air. Untuk jenis satu ini tak cukup menggunakan jaring sehingga perlu digunakan alat bernama vacuum cleaner khusus kolam.

Dapatkan Beragam Penawaran di MandorKolam

Memiliki kolam renang pribadi apalagi disertai dengan desain lingkungan buatan memang sangat menyenangkan sehingga tak perlu repot pergi ke lokasi wisata. Kini Anda beserta keluarga dapat mewujudkannya, melalui MandorKolam tempat berenang impian siap untuk diwujudkan.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara perawatan lingkungan buatan kolam renang yang wajib Anda terapkan jika ingin selalu berenang dalam kondisi nyaman dan menyenangkan. Pastikan rutin melakukannya supaya kebersihan ataupun kesehatan tetap terjaga.

error: Content is protected !!